Home » Menjawab Inspirasi Sungai Ciliwung Seperti di Cheonggyecheon, Ini Komentar Gubernur Jakarta

Menjawab Inspirasi Sungai Ciliwung Seperti di Cheonggyecheon, Ini Komentar Gubernur Jakarta

IDNNews.id, Jakarta – Saat mengunjungi Kota Seoul, Presiden Jokowi mengutarakan inspirasinya yang menginginkan Sungai Ciliwung seperti Sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjanji akan membantu membereskan Sungai Ciliwung.

Menurutnya, pekerjaan utama di Ciliwung dan sungai-sungai lain di Jakarta bukan sekedar estetika. Tapi adalah juga penanggulangan pencemaran.

“Bukan sekadar sungainya nampak indah, tapi yang paling penting pencemaran yang terjadi di DKI selama beberapa tahun ini meningkat secara signifikan,” katanya di Balai Kota sebagaimana dilansir Tempo.

Sungai Ciliwung
IDNNews.id/Istimewa/Laily Rachev/Biro Pers Setpres

Anies Baswedan mengungkap data pencemaran tersebut bahwa dari 2014 hingga 2017, sungai yang tercemar ringan turun dari 23 menjadi 12 persen. Pun dengan yang tercemar sedang, turun dari 44 menjadi 17 persen.

Baca Juga  Februari Bertebar Promo di Best Western Premier Panbil

Berdasarkan data periode yang sama, Anies Baswedan menyebut sungai yang tercemar berat justru naik dari 32 menjadi 61 persen. “Kami sudah menyiapkan roadmap-nya untuk segera mengembalikan ke kondisi sebelumnya,” kata Anies.

Anies tidak menyebutkannya namun periode 2014-2017 adalah era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama. Ahok, sapaan Basuki, selama ini dikenal dengan program normalisasi sungai-sungai di Jakarta yang kini dihentikan Anies dan diubahnya dengan istilah naturalisasi.(*)


DomaiNesia