Home » Menteri Pariwisata Arief Yahya Kick Off Usulan KEK Pariwisata Batam

Menteri Pariwisata Arief Yahya Kick Off Usulan KEK Pariwisata Batam

IDNNews.id, Batam – Menteri Pariwisata Arief Yahya menegaskan dirinya sangat memberikan perhatian lebih kepada Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), khususnya dalam bidang pengembangan Pariwisatanya.

Hal ini dilandasi oleh masuknya Provinsi Kepri dalam ‘Top Three’ di angka kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) terbanyak di Indonesia.

Dengan presentasenya, 20 persen untuk tingkat nasional. Sementara untuk tingkat pertama masih dipegang oleh Bali dengan presentase 40 persen dan DKI Jakarta mencapai 30 persen.

“Pada tahun 2018 saja, tercatat 2,6 juta Wisman. Oleh karenanya, sangat wajar saya memberikan perhatiannya lebih kepada Provinsi Kepri,” jelas disela-sela Kunjungan Kerja Menteri Pariwisata Republik Indonesia dan Kick Off Pengusulan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Batam di Pulau Pengelap atau Kepri Koral, Rabu(16/10/2019) pagi.

Untuk Kepri Koral, tambahnya, harus lebih mengutamakan atraksi yang membuat kawasan wisata tersebut menjadi sekelas dunia. Salah satu usulannya adalah adanya Water Sport Tourism sebagai atraksi utama.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Kepri Isdianto menyambut baik usulan KEK Pariwisata Batam untuk bisa diwujudkan. Mengingat, Pariwisata menjadi andalan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kepri juga.

“Penyokong ekonomi di Kepri salah satunya pariwisata. Oleh karena itu, ketika ada aktivitas yang menumbuhkembangkan sektor ini pihaknya selalu mendukung penuh. Selain itu, Kepri memiliki beragam destinasi wisata yang belum dikelola dengan baik. Untuk itu, pihaknya mengajak semua pihak, termasuk para investor untuk berinvestasi di sektor ini,” jelasnya.

“Kepri berterima kasih kepada Pak Menteri Pariwisata (Arief Yahya). Banyak sekali kegiatan pariwisata di Kepri. Dari tahun ke tahun semakin bertambah kedatangan wisman. Jika hari ini Kepri Koral jadi KEK Pariwisata, ke depan daerah lain juga,” harapnya.

Baca Juga  Kemenparekraf Tetapkan Tiga Kawasan Batam di Ripparnas

Sementara itu, Harmanto Tan Owner Pulau Bintang Mas yang juga Direktur Utama PT Palindo Marine Shipyard, aktivitas pembangunan di Pulau Pengelap sudah berlangsung sejak 2016.

Dimana rencana pembangunannya yang sesuai dengan master plan adalah hotel, resort, wisata hingga ruang terbuka hijau dengan anggaran dana yang dikucurkan untuk pengembangan ini mencapai Rp 11 Triliun dengan daya serap tenaga kerja mencapai 10 ribu pekerja.

“Dan apabila rencana ini terlaksana, maka kami akan optimis mampu mendatangkan 300-500 ribu wisatawan mancanegara setiap tahunnya. Untuk pencapaian tersebut, tentunya kami sangat membutuhkan unsur terkait untuk memberikan dukungan,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Kepri Coral merupakan tergolong destinasi baru. Dan baru Soft launching pada Januari 2019.

Meski demikian untuk urusan pesona, destinasi baru ini tergolong memiliki penunjang yang baik mulai dari restoran apung, kolam renang sampai akuarium bawah laut yang memiliki keindahan tersendiri di dalamnya.

Dari pemandangan bawah laut pengunjung bisa melihat ikan warna warni dan beragam terumbu karang.

Bagi yang menyukai water sport terdapat berbagai pilihan yang bisa dicoba, seperti jet ski, perahu canno, dan sepeda air yang bisa dimainkan di pantai.

Akuarium mewah bawah lautnya yang super besar dan beragam fasilitas unik lainya, dipastikan bisa memanjakan wisatawan mancanegara maupun domestik.

Laut disekitar maupun pulau pangalap merupakan destinasi kepri coral resort yang sangat populer saat ini. Keindahan lautnya yang berwarna biru kehijauan menjadi daya tarik tersendiri yang telah menarik banyak wisatawan nusantara maupun manca negara.

Pulau Pengalap memiliki pantai dengan air lautnya yang landai, serta pasir putih yang dikelilingi oleh beragam jenis hutan-hutan magrove yang masih alami.

Pantai-pantainya yang indah itu dapat memanjakan mata, wisatawan bisa menikmati suasana berlibur seperti di maladewa karena pulau pengalap menyugukan pantai dengan pasir putih yang halus dan air yang tenang dengan gradasi warna biru muda hingga toska.

Baca Juga  Biar Internetan Asik Terus, Ya Pakai AXISnet Dong!

kedalaman lautnya sekitar lima hingga tujuh meter, diujung pantainya terdapat tebing-tebing karang yang membuat pantai ini terlihat sangat indah. Pasirnya sangat putih dan bersih, air lautnya begitu jernih.

Banyak sekali koral-koral atau terumbu karang yang menghiasi bawah lautnya. Serta ikan-ikan kecil warna warni membuatnya terlihat lebih mempesona.

Pulau Pengalap terkenal dengan terumbu karang yang indah, jumlah ikan-ikan karang yang tak terhitung jenisnya, perbukitan yang menghijau serta beragam hutan magrove yang masih terjaga.

Karena keindahannya pulau pengalap pun tidak pernah sepi dari wisatawan terutama para pencinta pemandangan bawah laut. (Iman Suryanto)


DomaiNesia

Berita Terkait