Home ยป Momen Osteoporosis Se-Dunia, dr.M.Faisyal Reza Minta Jaga Asupan Makanan Berkualitas untuk Tulang

Momen Osteoporosis Se-Dunia, dr.M.Faisyal Reza Minta Jaga Asupan Makanan Berkualitas untuk Tulang

Dokter Spesialis penyakit dalam di RSBP dr.M. Faisyal Reza.Sp.PD
Dokter Spesialis penyakit dalam di RSBP dr.M. Faisyal Reza.Sp.PD

IDNNews.id, Batam – 20 Oktober, diperingati sebagai hari Osteoporosis sedunia. Osteoporosis adalah kondisi tulang yang lemah dan rapuh. Dimana hari osteoporosis sedunia ini dicanangkan sebagai bagian dari kampanye untuk meningkatkan kesadaran global tentang pencegahan, diagnosis dan pengobatan osteoporosis dan terkait penyakit muskuloskeletal.

Sebagaimana diketahui, Osteoporosis termasuk masalah kesehatan yang kurang terdiagnosis dan diobati. Di seluruh dunia, jutaan orang berisiko tinggi mengalami patah tulang, namun tak banyak yang paham silent disease yang mendasarinya.

Masalahnya tak banyak orang yang sadar mengalami osteoporosis sampai mengalami patah tulang.

Untuk itu, Dokter Spesialis penyakit dalam di RSBP dr.M. Faisyal Reza.Sp.PD dalam ‘Ngopas’ atau Ngobrol Pagi Sehat di Waduk Sei Harapan, Selasa (20/10/2020), mengajak semua masyarakat untuk bisa menjaga diri dan memproteksi diri sejak dini dari masalah kesehatan tersebut. Diantaranya dengan melakukan olahraga yang masuk dalam kategori ringan.

Baca Juga  Jelang Lawan Mike Tyson, Roy Jones Jr Asuransikan Kuping

Mengingat, salah satu faktor risiko terjadinya osteoporosis yang tidak dapat dimodifikasi adalah jenis kelamin. Dimana kaum hawa memang tergolong rentan terhadap penyakit yang dijuluki the silent disease ini. Selain karena tulang perempuan lebih tipis dan ringan dibandingkan pria, mereka juga mengalami menopause.

Ketika memasuki masa menopause, kadar hormon estrogen yang berfungsi melindungi tulang menurun tajam. Sehingga menempatkan perempuan pada risiko besar untuk pengeroposan tulang. Apalagi, harapan hidup mereka lebih panjang dibandingkan pria. Faktanya, perempuan empat kali lebih sering mengalami osteoporosis dibandingkan kaum adam.

Dokter Spesialis penyakit dalam di RSBP dr.M. Faisyal Reza.Sp.PD
Dokter Spesialis penyakit dalam di RSBP dr.M. Faisyal Reza.Sp.PD

“Kalau sudah menderita Osteoporosis berarti faktor yang menyebabkan keroposan tulang bisa terjadi. Terlebih lagi jika melakukan aktivasi olahraga yang berlebihan. Untuk itu, olahraga yang dianjurkan adalah yang melakukan intensitas yang ringan dan tidak berat. Jadi harus pandai memilih jenis olahraga yang aman dan nyaman. Seperti berjalan dan sesering mungkin terkena sinar matahari yang mengandung vitamin D,” jelasnya.

Baca Juga  Usai Mengalahkan Ferencvaros, Juventus Pastikan Tiket 16 Besar

Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga menganjurkan kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan tulang. “Salah satunya dengan menjaga asupan yang dibutuhkan oleh tulang, dalam hal ini kalsium,” terangnya.(Iman)


DomaiNesia
UA-128167721-1