Home » Mulia Rindo Purba Dorong Pemko Batam Reorientasi UMKM

Mulia Rindo Purba Dorong Pemko Batam Reorientasi UMKM

Anggota Komisi II DPRD Kota Batam, Mulia Rindo Purba
Anggota Komisi II DPRD Kota Batam, Mulia Rindo Purba

IDNNews.id, Batam – Anggota Komisi II DPRD Kota Batam, Mulia Rindo Purba mendorong Pemerintah Kota (Pemko) Batam untuk melakukan reorientasi. Reorientasi yang dimaksud adalah untuk mulai memberikan dukungan penuh pada sektor UMKM yang selama ini seperti terabaikan.

“Reorientasi harus segera diambil untuk menggairahkan UMKM di Batam,” kata kata Mulia Rindo Purba.

Pemko Batam, lanjutnya harus mulai merubah postur anggaran bagi Dinas KUMKM agar bisa ditingkatkan, hingga mendorong peningkatan produksi UMKM itu sendiri.

Anggota Komisi II DPRD Kota Batam, Mulia Rindo Purba
Anggota Komisi II DPRD Kota Batam, Mulia Rindo Purba

Anggaran Dinas KUMKM Batam yang kurang dari Rp 3 miliar, bahkan lebih kecil lagi karena refocusing untuk penanganan Covid-19 tahun 2020 ini, dinilai tidak sejalan dengan harapan besar terjadinya peningkatan ekonomi daerah dari sini.

Baca Juga  Menu 'Termaknyus' dari 2 Executive Chef Bakal Meriahkan Malam Natal di HARRIS Resort Barelang

“Kita harus mendorong peningkatan produksi, bukan malah memperbesar tantangan bagi UMKM dengan melakukan impor. Memang lebih murah impor lele dari Malaysia, tapi efeknya UMKM kita semakin terpuruk,” kata Rindo.

Lebih jauh, Rindo juga mendorong Pemkot Batam memperbaiki sistem pendataan yang dinilainya masih belum mumpuni. Bank data yang tidak maksimal ini, lanjut dia, membuat program-program yang ada selama ini menjadi tidak maksimal.

Dengan baiknya sistem pendataan ke depannya, Rindo meyakini akan ada perubahan. Apalagi dengan kebijakan yang berorientasi penuh pada peningkatan kinerja UMKM. (***)


DomaiNesia