Home ยป Padang Panjang Punya Layanan Gawat Darurat 119 dan Dokter Ummat

Padang Panjang Punya Layanan Gawat Darurat 119 dan Dokter Ummat

IDNnews.id, Padang Panjang – Pasca di launchingnya layanan Public Safety Center (PSC) 119 dan Dokter Warga oleh Walikota Padang Panjang pada beberapa waktu lalu, kini layanan tersebut mulai buming di tengah masyarakat.

PSC 119 merupakan layanan kegawat daruratan untuk masyarakat yang membutuhkan, sedangkan Dokter Umat yakni dokter tersebut yang langsung mendatangi masyarakat yang tengah membutuhkan pertolongan. Aksesnya sangat cepat dan tanggap dalam memberikan pelayanan pertolongan pertama bagi masyarakat.

Layanan ini merupakan program prioritas dari Walikota dan Wakil Walikota Padang Panjang Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano dan Drs. Asrul periode 2018-2023.

“Layanan PSC 119 ini berpusat pada Kantor Pemadam Kebakaran Kota Padang Panjang, dan untuk Dokter Warga langsung bertugas di pos kesehatan yang ada di Kelurahan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Drs. Nuryanuwar, A.Pt, MM, M.Kes di ruang kerjanya, waktu lalu.

Tim PSC ini terdiri dari 1 orang dokter, 1 orang perawat, 1 orang operator, 1 orang sopir serta armada Ambulance, sedangkan untuk dokter warga terdiri dari 1 orang dokter, 1 orang perawat dan 1 orang tenaga kesehatan. Khusus untuk layanan PSC, tim bertugas 1 x 24 jam yang terbagi dari beberapa shiff, yaitu pagi, sore dan malam.

Sedangkan untuk dokter warga, ini merupakan program mendekatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Selama ini dokter hanya dapat dijumpai di rumah sakit, nah untuk Dokter Warga sendiri dapat ditemui langsung di Pos Kesehatan Kelurahan.

Selain itu Dokter ini juga akan mengunjungi rumah-rumah masyarakat, jika ada masyarakat yang tidak bisa pergi kerumah sakit atau ke pos kesehatan kelurahan.

Sedikit informasi bahwa masyarakat kebanyakan belum paham akan layanan PSC 119, seperti dijelaskan tadi, layanan ini mengacu pada kegawatdaruratan, akan tetapi meski masyarakat menggunakan layanan tersebut, tim tetap menengani dan turun ke lapangan serts melihat kondisi dari pasien.

“Jika itu memang gawat darurat, tim akan langsung memberikan pelayanan dan merujuk pasien ke Rumah Sakit, tetapi jika tidak maka tim melihat kondisi pasien jika perlu perawatan lanjut maka tim PSC akan meminta tim dari dokter warga yang melakukan pelayanan,” papar Kepala Dinas Kesehatan.

Hingga saat ini, Layanan PSC 119 dalam seharinya terus menerima panggilan dari masyarakat, setidaknya 5 panggilan dalam sehari.

Jika masyarakat butuh bantuan pelayanan kesehatan, PSC 119 siap melayani 1 x 24 jam dengan menghubungi call center 119 (@pemkopadangpanjang)


DomaiNesia

Berita Terkait