Home » PDIP Akan Umumkan Rekomendasi Pilkada 2020, Inikah Bocorannya untuk Wilayah Kepri?

PDIP Akan Umumkan Rekomendasi Pilkada 2020, Inikah Bocorannya untuk Wilayah Kepri?

IDNNews.id, Jakarta – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam waktu dekat, akan mengumumkan rekomendasi untuk bakal calon kepala daerah yang akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang.

Tercatat ada 44 daerah di tahun 2020 yang akan melaksanakan Pilkada serentak.

“Ya sebenarnya 44 daerah sudah siap, hanya saja partai lebih memilih mengedepankan gerak kemanusiaan karena kerusakan lingkungan oleh adanya dampak banjir beberapa waktu lalu,” terang Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto beberapa waktu lalu.

Hasto juga mengatakan, persoalan banjir akan menjadi salah satu topik di Rakernas I PDIP. Dimana seluruh calon kepala daerah juga diminta berkomitmen terhadap lingkungan.

Dari 44 daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak tersebut, beberapa wilayah di Provinsi Kepri juga akan melaksanakan Pilkada. Diantaranya Kepri, Batam hingga Natuna.

Untuk Pilwako Batam sendiri, menurut Sekretaris DPC PDI Perjuangan Batam Erna mengatakan, sudah ada 8 nama bakal calon yang akan maju di Pilkada Kota Batam dan telah diserahkan ke DPD PDI Perjuangan Provinsi Kepri.

Baca Juga  Pertama di Batam, ASITA Kepri Gelar Batam Treasure Hunt

“Sebelum Rakernas, ada 8 nama bakal calon dari PDI Perjuangan yang sudah diserahkan ke DPD Provinsinya Kepri. Dan selanjutnya telah disampaikan oleh DPD ke DPP,” terangnya saat dihubungi IDNNews.id disela-sela Rakernas PDIP JiExpo Kemayoran Jakarta, Sabtu (11/1/2019) siang.

Dan hingga saat ini, pihaknya belum mendapatkan informasi terkait rekomendasi tersebut.

“Belum ada hasilnya dek, kita masih menunggu saja. Karena sudah Di DPP PDI Perjuangan,” jelasnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Bakal calon Wali kota Batam Lukita Dinarsyah Tuwo.

Saat ditemui di area Rakernas PDIP, mantan Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam ini mengaku menyerahkan semua keputusan terkait rekomendasi tersebut ke Pusat.

“Saya hanya menunggu saja mas. Apapun keputusan rekomendasi tersebut, tentunya hasil yang terbaik untuk partai. Saya akan mengikuti,” jelasnya.

Baca Juga  Resmikan Puskesmas Baloi Permai, Wako Rudi Pastikan Komitmen Peningkatan Layanan Kesehatan

Sementara itu, di Pilkada Provinsi Kepri nama Ketua DPD PDI Perjuangan Kepulauan Riau (Kepri) Soerya Respationo kian bersinar di pemilihan gubernur (Pilgub) Kepri 2020 mendatang.

Dikabarkan, Soerya akan didampingi oleh Isdianto, yang saat ini sedang menjabat Plt Gubernur Kepri. “Jujur, sebenarnya saya sudah ada kesepakatan dengan Gubernur Kepri nonaktif, Nurdin Basirun untuk mendampingi beliau di Pilgub nanti. Tapi karena beliau tersandung masalah, Insya Allah saya bersama Pak Isdianto, mohon doa restu dan dukungannya,” kata Soerya usai menghadiri kegiatan di Kadin Kepri, Jumat (1/11/2019) siang kemarin.

Dengan pernyataan tersebut, Soerya menegaskan menjadi kandidat calon Gubernur Kepri, sedangkan Isdianto akan mendampinginya sebagai calon Wakil Gubernur.

Pria yang akrab disapa Romo ini mengaku antara dirinya dan Isdianto telah melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi kabinet Indonesia Baru, Halim Iskandar beberapa waktu lalu. Dan keduanya mendapatkan dukungan penuh dari PKB.

Baca Juga  Musrenbang Kelurahan Dimulai, Wakil Wali Kota Batam Ingatkan Urgensi Usulan

“PKB menyampaikan dukungan penuhnya kepada kami,” papar Soerya.

Soerya pun mengaku dirinya bersama Isdianto telah mengamankan tiket pencalonan Pilgub 2020 dengan perhitungan yang matang. Dimana sesuai aturan perundang-undangan, calon harus didukung oleh 20 persen dari anggota DPRD Kepri yang ada.

Dan total anggota itu ada 45 orang, artinya jika dikali 20 persennya hanya 9. “Sementara, jika ditotal kursi milik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai pengusung utama ditambah PKB di DPRD Provinsi Kepri, maka mencapai angka 11. Sudah memenuhi tiket,” jelasnya. (Iman Suryanto)


DomaiNesia