Home » Peduli Lingkungan, Kader PDIP asal Kepri Tanam Pohon Mahoni di DAS Ciliwung

Peduli Lingkungan, Kader PDIP asal Kepri Tanam Pohon Mahoni di DAS Ciliwung

IDNNews.id, Jakarta – Puluhan kader PDI Perjuangan yang juga legislator asal Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengikuti penanaman pohon dan bersih-bersih sungai pada Minggu (21/2/2021) pagi.

Kegiatan itu merupakan rangkaian program Gerakan Penghijauan dan merawat Daerah Alirah Sungai ‘Cinta Ciliwung Bersih’ dan kelanjutkan instruksi partai yang disampaikan pada HUT ke-48 PDIP, Januari 2021 lalu.

Pada momen tersebut, kader PDIP asal Kepri bersama ratusan kader lainnya menanam pohon jenis Mahoni, sekaligus bersih-bersih sungai di kawasan
Kebun Pala, Kampung Makasar, Jakarta Timur.

“Tadi kita bersama-sama dengan kader PDI Perjuangan asal Kepri telah menannam Pohon Mahoni. Sekitar ratusan teman-teman di DPC, PAC, kemudian ranting dan anggota DPRD yang diutus dari Provinsi, kabupaten dan kota yang ditugaskan ke sini,” jelas Widiastadi Nugroho, Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kepri ini.

Baca Juga  Resmikan Dermaga II Telaga Punggur, Menhub: Konektivitas Laut Sangat Diperlukan

Ia pun mengatakan bahwa gerakan politik penghijauan ini merupakan agenda nasional PDIP. Dimana kegiatan menanam pohon dan merawat lingkungan juga dilakukan oleh kader PDIP di seluruh Indonesia.

“Dengan kata lain, bahwa program menanam pohon ini tidak hanya dilakukan di daerah aliran Sungai Ciliwung. Tapi juga diharapkan aliran- aliran sungai di seluruh wilayah Indonesia juga,” terangnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Kepri Jumaga Nadeak mengatakan bahwa misi utama menanam pohon yang dilakukan partai berlambang banteng ini untuk menjaga bumi dari ancaman perubahan iklim.

Dan dengan adanya kegiatan ini juga menurutnya menjadi sebuah peristiwa yang penuh dengan anugerah. Mengingat, seluruh kader PDIP dari berbagai daerah bisa berkumpul dan bertemu satu dengan lainnya.

Baca Juga  KPK Benarkan Pemeriksaan Pejabat Bintan terkait Dugaan Korupsi di Polres Tanjungpinang

“Momen ini, kiranya juga menunjukkan adanya ‘banjir’ silahturahmi antara kader PDIP. Dan pihaknya berharap apa yang sudah ditanam hari ini bisa bermanfaat untuk sesama dan lingkungan,” jelasnya.

Disisi lain, Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kepri Sugianto menyambut baik adanya kegiatan seperti ini. Mengingat, daerah aliran sungai Ciliwung merupakan ‘urat nadi’-nya kota Jakarta. Sehingga, jika Ciliwung tidak dirawat maka akan menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat sekitarnya.

“Sungai Ciliwung ini menjadi urat nadinya kota Jakarta. Jadi kita rawat bersama. Oleh karena itu, kami dari DPRD Provinsi Kepri sangat mendukung adanya program Ciliwung yang bersih dan asri,” jelasnya. (Iman Suryanto)


DomaiNesia