Home » Pemerintah Pusat Rombak Sistem Pengupahan PNS di Seluruh Indonesia

Pemerintah Pusat Rombak Sistem Pengupahan PNS di Seluruh Indonesia

ilustrasi PNS
ilustrasi PNS

IDNNews.id, Jakarta – Pemerintah segera merombak sistem pengupahan para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di seluruh Indonesia. Tak terkecuali pada sistem pemberian tunjangan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengatakan, untuk formula tunjangan PNS nantinya hanya ada dua jenis.

Pertama, Tunjangan Kinerja dan kedua, Tunjangan Kemahalan. Rumusan Tunjangan Kinerja didasarkan pada capaian kinerja masing-masing PNS.

ilustrasi PNS
ilustrasi PNS

Sebagai gambaran, sebelumnya PNS banyak mendapatkan tunjangan-tunjangan. Yakni, tunjangan kinerja alias Tukin, meskipun besarannya beda-beda tergantung kelas jabatan maupun instansi tempatnya bekerja, baik instansi pusat maupun daerah.

Kemudian yang kedua adalah tunjangan suami atau istri, lalu yang ketiga adalah tunjangan anak. Selanjutnya ada tunjangan makan dan jabatan. Lalu selain itu, ada juga tunjangan perjalanan dinas.

Baca Juga  BP Batam Gelar Bimtek Penyusunan SOP dan Proses Bisnis

“Sedangkan rumusan Tunjangan Kemahalan didasarkan pada Indeks Harga yang berlaku di daerah masing-masing,” ujarnya, Senin (14/12/2020). (***)

Sumber : Okezone


DomaiNesia