Home » Pepsi Pamit dari Indonesia, Berikut Tanggapan GAPMMI

Pepsi Pamit dari Indonesia, Berikut Tanggapan GAPMMI

IDNnews.id, Jakarta – Minuman berkarbonasi asal Amerika Serikat (AS) Pepsi di kabarkan akan meninggalkan Indonesia pada 10 Oktober 2019

Anggota Dewan Pembina Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) Thomas Darmawan angkat suara mengenai keputusan Pepsi hengkang dari tanah air.

Menurut dia, salah satu penyebab yang membuat Pepsi cabut dari Indonesia ialah regulasi terhadap industri minuman yang kian ketat.

Setidaknya ada empat regulasi yang membuat Pepsi akhirnya mengakhiri kerja sama dengan PT Anugerah Indofood Barokah Makmur (AIBM) mulai 10 Oktober 2019.

Empat aturan itu ialah Undang-Undang Sumber Daya Air (SDA), label dari BPOM, kewajiban sertifikasi halal, dan larangan kemasan plastik pada minuman.

Thomas menambahkan, peraturan BPOM nomor 22 tahun 2019 tentang Informasi Nilai Gizi Pada Label Pangan Olahan juga membuat perkembangan industri minuman terhambat.

“Plus soal pajak. Menteri keuangan dan DPR ada wacana minuman berkarbonasi mau dikenai cukai lagi. Jadi, seperti dianggap rokok,” ujar Thomas, Kamis (3/10). (ant)

Baca Juga  Daftar Nama-nama Kabinet Joko Widodo – Ma’ruf Amin Periode 2019-2024

DomaiNesia

Berita Terkait