Home » Perbaiki Jembatan II Dompak, Pemprov Kepri Anggarkan Rp 9,3 M

Perbaiki Jembatan II Dompak, Pemprov Kepri Anggarkan Rp 9,3 M

IDNNews.id, Tanjungpinang – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) mengalokasikan Rp 9,3 miliar dana APBD Provinsi Kepri Tahun Anggaran (TA) 2020, untuk perbaikan kerusakan Jembatan II Dompak di Tanjungpinang, Kepri.

“Anggaran perbaikan awal di APBD Perubahan 2019 sebesar Rp 6,6 miliar. Namun karena batal, alokasinya ditambah menjadi Rp 9,3 miliar di APBD TA 2020,” kata Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga PUPR Kepri, Rodiantari, Minggu (15/12/2019).

Dia katakan, alokasi anggaran sebesar itu akan difokuskan untuk memperkuat struktur tiang jembatan.

Mengingat, dari 234 tiang jembatan itu ada sebanyak 51 yang keropos, kemudian lima tiang lainnya sudah hampir putus.

“Kita ingin segera membuka akses bagi masyarakat yang melintasi Jembatan II Dompak. Karena saat ini akses jembatan ditutup sementara bagi para pengguna, kecuali pejalan kaki dan kendaraan roda dua,” ujarnya.

Menurutnya, berdasarkan Detail Engineering Design (DED), struktur Jembatan II Dompak akan diperkuat lagi dengan konstruksi beton bertulang yang lebih tahan dari korosi.

“Kalau hanya memperbaiki tiang baja yang rusak dengan sistem sambung, tentu persoalan lama akan terulang kembali. Sehingga lebih baik kita perkuat dengan tulang dan beton yang dibungkus di dalam baja,” jelas Rodi.

Dia menambahkan, total biaya yang diperlukan untuk memperbaiki jembatan tersebut seperti kondisi semula sebesar Rp18 miliar, oleh sebab itu penganggaran dilakukan secara bertahap hingga 2021 mendatang.

Sumber: ANTARA

Baca Juga  Bekali Siswa Diktuk Bintara Polri, Kapolda Kepri Ajak Mewaspadai Potensi Kerawanan

DomaiNesia

Berita Terkait