Home ยป Percepat Layanan di Dishub Batam, Pemko Resmikan Penerapan BLUe

Percepat Layanan di Dishub Batam, Pemko Resmikan Penerapan BLUe

IDNNews.id, Batam – Wali Kota Batam meresmikan Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUe) yang merupakan layanan uji KIR kendaraan di Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam.

Penerapan BLUe ini, sejalan dengan rencana pengembangan Kota Batam untuk menjadi satu kota yang smart city. Karena itu, pihaknya memberikan apresiasi dengan implementasi BLUe tersebut.

“Kalau ingin Batam menjadi smart city, maka tidak ada pilihan lain kita harus menyiapkan yang menyangkut kepentingan masyarakat dengan mudah dan cepat,” kata Rudi.

Ke depan pihaknya berharap pelayanan bisa terus ditingkatkan, terutama di Dishub Kota Batam seluruh pelayanan harus sudah menggunakan sistem digitalisasi.

Sehingga tidak ada lagi masyarakat yang bertemu dengan petugas di lapangan.

Baca Juga  Dirut BPJS Kesehatan: Program JKN-KIS Jadi 'Percontohan' dan Pembelajaran Negara Lain

“Tahun ini kalau bisa semua harus menggunakan sistem, artinya tidak adalagi pegawai yang cek tapi harus sistem, termasuk pembayarannya juga harus non tunai,” katanya.

Rudi pun mengatakan penggunaan anggaran Pemko Batam saat ini semuanya sudah menggunakan sistem non tunai. Itu sebabnya hal ini diharapkan bisa menjadi perhatian oleh semua OPD di lingkungan Pemko Batam.

“Saya mengajak khususnya di Dishub Batam, ayo selesaikan masalah yang belum selesai. Supaya masyarakat nyaman saat mengurus izin atau layanan lainnya,” kata Rudi.

Sementara itu, Kepala Dishub Batam, Rustam Efendi mengatakan BLUe menggantikan bukti lulus uji KIR yang dulunya berbentuk buku.

Penerapan BLUe juga akan memangkas birokrasi untuk lebih cepat. Jika sebelumnya paling cepat itu satu jam, dengan BLUe saat ini paling lama 20 menit.

Baca Juga  Relawan Nasi Bungkus Divaksinasi, APINDO Kepri: Terima Kasih Pemerintah dan Pak Wali Kota

“Penerapan BLUe ini juga diharapkan dapat meminimalisasi praktik pemalsuan identitas kendaraan maupun hasil uji berkala yang kerap dilakukan pada kendaraan angkut,” katanya.(Rika/Iman)


DomaiNesia