Home ยป Perempuan Lebih Kreatif Geluti Bisnis Online. ‘Teknologi is Cool for Women’

Perempuan Lebih Kreatif Geluti Bisnis Online. ‘Teknologi is Cool for Women’

ilustrasi UMKM Online
ilustrasi UMKM Online

IDNNews.id, Jakarta – Perkembangan teknologi digital yang begitu cepat, turut memengaruhi dan mengubah segala aspek kehidupan. Kemajuan teknologi digital bisa menjadi alat bagi perempuan untuk lebih berpartisipasi dalam berbagai bidang sekaligus mempromosikan kesetaraan gender.

Keterlibatan perempuan dianggap sangat penting dalam memajukan perekonomian negara melalui industri teknologi. Terbukti, 64,5 persen usaha menengah kecil dan mikro (UMKM) dirintis oleh kaum perempuan lewat pemanfaatan digital. Kegiatan ini mampu memberikan kontribusi sebanyak 5 persen terhadap ekspor Indonesia.

Namun, menurut survei yang dilakukan Asosiasi Penyelenggaraan Jasa Interner Indonesia (APJII), pengguna internet perempuan di Indonesia pada 2019 sebanyak 48,57 persen, sedangkan pengguna laki-laki mencapi 51,43 persen.

ilustrasi UMKM Online
ilustrasi UMKM Online

Perbedaan angka penggunaan internet, menjadi salah satu indikasi masih adanya kesenangan antara perempuan dan laki-laki di industri teknologi. Dampaknya, perempuan akan menemui kendala dalam mengembangkan potensi diri.

Baca Juga  Tingkatkan Profesionalisme, Dewan Bakal Gelar Sertifikasi Wartawan di Mei 2021

Ada berbagai faktor yang menyebabkan hal itu terjadi, salah satu di antaranya adalah perempuan cenderung mempertimbangkan soal gender saat akan bekerja. Mereka merasa tidak pantas untuk sukses dalam bidang tersebut karena faktor dominasi laki-laki.

“Karena kita tahu jumlah perempuan di industri teknologi sedikit, jadi bagaimana caranya peran teknologi sudah harus dikampanyekan sejak dini. Mereka harus tahu kalau teknologi is cool for women dan bisa memberikan mata pencaharian baru,” jelas pengamat ketenagakerjaan Payaman Simanjuntak.

Saat ini masih terdapat sebuah pakem yang membuat bidang teknologi terlihat seperti bidang yang tidak umum untuk digeluti oleh perempuan. Padahal, pada era yang sangat dinamis ini tuntutan memahami sains dan teknologi dari perempuan semakin tinggi.

Baca Juga  Gubernur Kepri Dukung Penuh KONI Kepri ke PON Papua

Payaman menilai dengan lebih banyaknya perempuan berperan di dunia teknologi, bukan saja menjawab ketimpangan gender. Tetapi juga bisa memastikan riset yang diproduksi itu terbaik dan sudah mempertimbangkan berbagai hal.

ilustrasi UMKM Online
ilustrasi UMKM Online

Misalnya, saat ini di Indonesia banyak bermunculan perusahaan berbasis teknologi, seperti e-commerce dan penyedia jasa sarana transportasi online.

Keduanya tidak hanya membantu memudahkan perempuan dalam memenuhi kebutuhan dan bermobilisasi kemana pun, tetapi mereka juga dapat menduduki peran penting di dalamnya. (***)

Sumber: Sindo


DomaiNesia