Home » Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Wali Kota Ajak Masyarakat Batam Jaga Kebersamaan

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Wali Kota Ajak Masyarakat Batam Jaga Kebersamaan

IDNNews.id, Batam – Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila diperingati di Dataran Engku Putri, Selasa (1/10/2019).

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi sebagai inspektur upacara. Upacara yang dimulai pukul 07.30 Wib ini dihadiri anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD). Rudi didampingi Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad dan Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin.

“Namanya saja Kesaktian Pancasila, sakti bisa gabungkan kita semua. Saya mengajak seluruh masyarakat Batam secara utuh menjaga ini semua. Mari kita jaga Pancasila dan saat ini kita lagi membagun, tidak lain adalah untuk kalian,” kata Rudi.

Ia juga menyampaikan rasa syukur karena anak-anak Batam dalam menyampaikan aspirasinya langsung ke pemimpin tidak melakukan aksi seperti dibeberapa daearah di Indonesia.

Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto mengatakan warga Batam wajib menjaga dan mengamalkan Pancasila. “Kita Indonesia, Kita Pancasila,” ucapnya.

Danlanal Batam Kolonel Laut (P) Alan Dahlan mengungkapkan meski berbagai ancaman berbagai terror dan berbagai cobaan yang dihadapi, kita tetap Pancasila. Ancama perbatasan di Batam menjadi contoh miniature Indonesia. Untuk itu harus waspada dan terus waspada dalam melihat situasi di daerah perbatasan.

“Terlebih kita berbatasan dengan Negara asing, Malaysia dan Singapura yang dinamikanya dari waktu ke waktu berubah. Kita harus menjaga dan waspada serta bersinergi menjaga Batam,” sebutnya.

Letkol Ahmad Daud Harahap, Dandim 0316/Batam mengatakan Ideologi Pancasila sebagai harga mati. Khususnya di Batam TNI/Polri dan masyarakat harus menjaga itu semua.

“Keberagaman semua suku agama ada di Batam dan kita harus menjaga itu. Mari bersama menajaga kedamaian dan keamanan. Itu harga mati tidak ada kata lain untuk itu. Mari kita jaga sehingga bisa berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Baca Juga  BNN Kepri Musnahkan Ribuan Kilogram Narkoba

Komando Pangkalan Angkatan Udara (Mako Lanud) baru yang dikomandoi oleh Letkol Pnb Urip Widodo mengatakan “Kita Pancasila, suri teladan pejuang yang rela berkorban untuk bersama menjaga NKRI,” tuturnya.

Ditutup oleh Ketua Pengadilan Negeri Kota Batam, Wahyu Iman Santoso memaknai hari Kesaktian Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, ciri Indonesia karena berbeda-beda tetap satu juga.(*)


DomaiNesia

Berita Terkait