Home ยป Perumahan Mewah Turut Tergenang Banjir, Warga Minta Pemko Batam Benahi Tata Kelola Drainase

Perumahan Mewah Turut Tergenang Banjir, Warga Minta Pemko Batam Benahi Tata Kelola Drainase

IDNNews.id, Batam – Hujan deras yang turun selama hampir dua jam, membuat beberapa titik di Kota Batam mengalami banjir, dan menyebabkan genangan air. Banjir dan genangan tersebut, tidak hanya menyasar kawasan jalan utama, namun juga membuat ‘kantong-kantong’ banjir di beberapa daerah.

Berdasarkan pantauan IDNNews Group di lapangan, sejumlah ruas jalan dari Arah Batam Center menuju Batu Aji atau tepatnya di perempatan Kepri Mall mengalami banjir.

Namun kondisi yang sama juga terjadi di Perumahan mewah di Kawasan Batam Center. Diantaranya Cluster Victoria Perumahan Taman Duta Mas.

Hal ini terlihat dari rekaman video warga yang melaporkan kondisi banjir yang sudah nyaris masuk ke dalam perumahan mereka pada Kamis (17/12/2020) siang.

Baca Juga  Temui Pelaku Pariwisata, Menparekraf RI Sandiaga Uno Berikan Motivasi

“Selamat sore, ini kondisi banjir di Perumahan Taman Duta Mas, Cluster Victoria hari ini, sekitar pukul 16.00 WIB,”jelas Putra Yustisi Respaty dm video tersebut.

Dalam video tersebut, Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPRD Kota Batam ini juga menegaskan bahwa kondisi banjir sudah menggenang halaman dan nyaris masuk ke dalam perumahan mereka.

Pihaknya pun menegaskan, meski kondisi ini sudah beberapa kali dilaporkan warga ke Pemerintah Daerah. Akan tetapi hingga saat ini belum ada respon yang berarti.

“Pemko Batam pernah turun ke lokasi beberapa bulan yang lalu. Tapi belum ada hasilnya. Dan genangan ini membuktikan bahwa belum ada hasil dari kinerja Pemko. Ini sudah kali ke 3 begini. Dimana yang pertama sampai membuat jebol tanggul dan membuat air masuk ke dalam rumah,”jelasnya.

Baca Juga  Bersampena Ulang Tahun, Kader PDI Perjuangan di Batam Tanam Ribuan Pohon di Nongsa

Pihaknya pun berharap, Pemerintah Kota Batam bisa menyelesaikan berbagai persoalan terkait banjir. Sehingga tidak sampai membuat warga resah. Khususnya dalam kondis musim penghujan seperti saat ini.

“Tuntaskan permasalahan banjir di Batam. Pemko harus turun tangan bantu masyarakatnya. Mengingat, sudah dari 2017 kejadian pertama (di Cluster Victoria,red) sampai saat ini tidak ada perubahan,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, luapan air membuat jebol tanggul di perumahan Cluster Victoria Perumahan Taman Dutamas terjadi pada 26 Mei 2017. Bahkan Ketua RW 02 saat itu, Suyono mengaku sangat terkejut melihat luapan air yang muncul usai tembok pembatas perumahan jebol.

Ia yang sedang membersihkan parit di dekat rumahnya yang berbatasan langsung dengan tembok tersebut bahkan hampir terbawa air.

Baca Juga  Tekan Inflasi, Pemko Batam Resmikan Pasar TPID 2 Tanjungriau

“Memang kalau hujan di sini biasa banjir, sepaha orang dewasalah. Tadi itu saya pas lagi bersihkan got kan, tiba-tiba saya dengar bunyi dari tembok itu. Pertama cuma krek, seperti retak begitu. Tiba-tiba makin cepat bunyinya. Barulah pecah masuk semua air dari jalan itu kemari,” tutur Suyono.

Masuknya air ke dalam perumahan menurutnya seperti air bah. Bagaimana tidak, air yang masuk bahkan menumbangkan pepohononan serta lampu atau penerangan jalan yang ada. Mobil-mobil yang sedang terparkir di depan rumah-rumah warga pun ikut bergerak dibawa air. (Iman Suryanto)


DomaiNesia