Home » Pesawat CN-235 Buatan PT Dirgantara Indonesia Resmi Terbang di langit Himalaya

Pesawat CN-235 Buatan PT Dirgantara Indonesia Resmi Terbang di langit Himalaya

IDNnews.id, Nepal – Pesawat CN-235-220 buatan PT Dirgantara Indonesia  resmi terbang di langit Himalaya setelah dilakukan Final Acceptance Flight dari pemerintah RI kepada pihak Angkatan Darat Nepal (Nepalese Army) Selasa (19/11).

Dubes RI untuk Bangladesh yang wilayah akreditasinya juga merangkap Nepal, Rina P Soemarno, mewakili pemerintah RI dalam upacara serah terima tersebut

Adapun dari pihak Angkatan Darat Nepal diwakili oleh Chief of Army Aviation Brigjen Kumar Rayamajhi.

“Ekspor pesawat CN-235-220 ini menjadi bukti bahwa potensi pasar non-tradisional Nepal, khususnya untuk industri strategis Indonesia, sangat besar,” ujar Dubes Rina dalam keterangan tertulis KBRI Dhaka, Selasa.

Pesawat CN-235-220 yang akan digunakan oleh Angkatan Darat Nepal ini sangat istimewa karena memiliki lima konfigurasi yang dapat diubah dalam waktu singkat.

Pertama konfigurasi untuk pengangkutan pasukan/penerjun payung, kedua konfigurasi untuk VIP, ketiga konfigurasi untuk evakuasi medis, keempat pesawat penumpang, dan kelima kargo.

Pesawat multiguna ini juga sangat cocok untuk digunakan di Nepal yang memiliki kontur geografi pegunungan.

Upacara serah terima pesawat CN-235-220 buatan PT Dirgantara Indonesia oleh Duta Besar RI Rina P Soemarno kepada pihak Angkatan Darat Nepal diwakili oleh Chief of Army Aviation Brigjen Kumar Rayamajhi di Nepal, Selasa (19/11/2019). (ANTARA/HO KBRI Dhaka/a

Sebelum serah terima pesawat kepada Angkatan Darat Nepal, dilakukan proses pelatihan penerbangan (flight-training) oleh pilot Indonesia untuk pilot Angkatan Darat Nepal yang dipimpin oleh Capt. Esther Gayatri Saleh sebagai test pilot in command dan flight instructor.

“Keberhasilan ekspor pesawat CN-235-220 buatan PT Dirgantara Indonesia ini diharapkan dapat mendorong BUMN lain di Indonesia untuk dapat melirik potensi pasar Nepal”, kata Dubes Rina. ( */genpi.co)

Baca Juga  Gerebek Gudang dan Bengkel, Disperindag Batam Ungkap Penimbunan Bahan Bakar Minyak

DomaiNesia

Berita Terkait