Home » POJOK SEKOLAH: Kak Bagaimana Terjadinya Awan?

POJOK SEKOLAH: Kak Bagaimana Terjadinya Awan?

Hai Kak Temon (Sahabat pembaca IDNNews.id), Saya Naufal saya duduk di kelas 1 Sekolah Dasar (SD) di Dotamana. Mau bertanya Kak, bagaimana terjadinya awan? Kok bisa awan menyerap dan membuang air? Terima kasih sebelumnya Kak Temon.

Jawab:

Halo adik Temon yang baik, terima kasih atas pertanyaannya. Awan itu, dapat terbentuk jika terjadi kondensasi uap air di atas permukaan bumi.

Udara yang mengalami kenaikan akan mengembang secara adiabatik, karena tekanan udara di atas lebih kecil daripada tekanan di bawah.

Partikel-partikel yang disebut dengan aerosol inilah yang berfungsi sebagai perangkap air dan selanjutnya akan membentuk titik-titik air.

Selanjutnya aerosol ini terangkat ke atmosfer, dan bila sejumlah besar udara terangkat ke lapisan yang lebih tinggi, maka ia akan mengalami pendinginan dan selanjutnya mengembun.

Baca Juga  SIPS dari Bukopin, Aplikasi Berbasis Pendidikan Mudahkan Manajemen Sekolah

Kumpulan titik-titik air hasil dari uap air dalam udara yang mengembun inilah yang terlihat sebagai awan. Makin banyak udara yang mengembun, makin besar awan yang terbentuk.

Sudah paham belum? Jika belum, ini cerita simpelnya.

Seandainya kamu diminta tolong orangtuamu untuk memasak air. Lalu kamu beri penutup diatas panci yang kamu letakkan di atas kompor.

Begitu air mendidih, maka ditutup panci tadi kamu akan menemukan adanya butiran-butiran air. Dan ini terjadi karena saat air dipanaskan, air akan berubah fase menjadi uap.

Dan proses ini biasanya dikenal dengan nama PENGUAPAN.

Proses menguapnya air ini memindahkan uap ke atas menuju tutup panci. Kerika uap menjadi titik-titik jenuh, ia pun berubah sebagai titik-titik air melalui proses yang kita kenal dengan proses PENGEMBUNAN.

Baca Juga  Tanam Ratusan Pohon, BP Batam dan Jasa Raharja 'Hijaukan' Batam

Jadi, awan itu adalah kumpulan titik-titik air yang melayang-layang di atmosfer dalam jumlah yang sangat banyak.

Dan sekarang, bayangkan air dalam panci tersebut adalah lautan dan kompornya adalah matahari. Ya maka jadilah Awan.

Agar kamu lebih jelas dan paham, lihat videonya berikut ini.

https://www.youtube.com/watch?v=e5oRsnMrjIM


DomaiNesia