Home ยป PT Nikita Polainti Karya Tolak Reverse Auction Ulang Pokja 04 BP2JK Kepri Kementerian PU

PT Nikita Polainti Karya Tolak Reverse Auction Ulang Pokja 04 BP2JK Kepri Kementerian PU

Ratna Zukhaira, SH
Ratna Zukhaira, SH

IDNNews.id, Batam – Kantor Advokat, Konsultan Hukum Ratna Zukhaira, SH & rekan atas nama kuasa hukumnya, PT Nikita Polainti Karya mengaku keberatan dan memprotes kebijakan yang dikeluarkan oleh Pokja Pemilihan 04 Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi (BP2JK) Wilayah Kepulauan Riau Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) atas tender proyek jalan dan perawatan jembatan yang dianggap diluar kewajaran.

Ratna Zukhaira, SH

Mengingat, proyek jalan yang berada di simpang Gesek (KM16) – Tanjunguban – Sialang dengan jarak keseluruhan 89,58 kilometer (KM) dan perawatan jembatan dengan jarak 2.775,3 meter dengan nilai pagu anggaran APBN mencapai Rp.37.793.547.000 (Rp 37,793 Miliar, red), dibatalkan dan harus mengikuti kembali mekanisme Reverse Auction atau penawaran berulang/ulang. Padahal kliennya termasuk dalam kategori pemenang lelang paket pekerjaan preservasi tersebut.

“Kami tidak mau tender tersebut, mengingat klien kami, PT Nikita Polainti Karya sudah diputuskan sebelumnya sebagai pemenang tender. dan kami mendesak pokja jalan sebagai panitia harus menjalankan keputusan yang memenangkan klien kami, PT. Nikita Polainti Karya,” tegasnya.

Baca Juga  Disuntik Vaksin Corona, Lansia di Norwegia Meninggal Dunia

Ia juga mengatakan proses yang dijalankan sudah sesuai dengan prosedur. Dan alasan gangguan server, tambahnya, tidak bisa menjadi dasar dilakukan tender ulang.

Kemudian, fakta munculnya pemberitahuan untuk dilakukannya reverse auction di ulang untuk kedua kali, dengan menerima sanggahan terhadap server LPSE yang error pada tanggal tanggal 02 Januari 2020 13.00 sampai 02 Januari 15.00.

“Kalau sistem server LPSE error pada saat waktu yang telah ditentukan, maka PT Nikita tidak dapat melakukan penawaran,” cetusnya.

Diakui, saat penawaran berjalan, server sempat rusak. Namun setelah itu normal dan PT Nikita berhasil masuk.

Ratna Zukhaira, SH
Ratna Zukhaira, SH

“Sehingga, alasan terjadinya server error untuk membatalkan hasil pemenang lelang memunculkan adanya dugaan rekayasa,” tegas Ratna.

Baca Juga  Greysia/Apriyani Juara Yonex Thailand Open 2021

Ratna juga menilai, pembatalan yang dilakukan terhadap kemenangan kliennya menjadi indikasi adanya dugaan persengkongkolan untuk memenangkan suatu pihak.

Dikarenakan kabumya keterangan atas verifivikasi sanggahan yang dilakukan pokja pemilihan 04 BP2JK Wilayah Kepri terhadap sanggahan yang dilakukan PT.Berkat Rahmat Sejati.

“Sehingga kami menolak hasil keputusan reverse auction ulang. Ini akan kami laporkan ke Polda Kepri serta Kementerian PU,” tegas Ratna.

Pihaknya pun merinci, PT Nikita Polainti Karya mengikuti tender Prevensi Jaian Sp.Gesck (KM l6)Tanjung Uban -Sialang. Proyek itu merupakan kinegori pekerjaan kontruksi yang diadakan secara elektronik melaui LPSE dengan Pagu dana anggaran APBN senilai Rp.37.793.547.000,00. 

Dalam pelaksanaan evaluasi penawaran administrasi penyediaan barang/jasa serta evaluasi penawaran harga, ditetapkan 2 perusahaan yang menjadi calon pemenang tender. Yakni PT Nikita sebagai calon pemenang l , dan PT Berkat Rahmat Sejati sebagai calon pemenang II.

Baca Juga  Satu Rumah di Teluk Keriting Tanjungpinang Ludes Terbakar

Kemudian, PT Nikita Polainti Karya ditetapkan sebagai pemenang tender, dengan penawaran paling terendah, Rp34.294.785.218.

Kemudian, muncul sanggahan dari pihak PT Berkat Rahmat Sejati terhadap hasil pemenang tender. “Dalil PT Berkat, tidak bisa memasuki penawaran karena gangguan server LPSE pada saat waktu Reverse Auction (Penawaran Ulang) berlangsung,” beber dia.

Setelah sanggahan itu, kemudian tanpa pemberitahuan yang jelas atas dasar pembuktian, keakuratan sanggahan dari PT Berkat, Pokja Pemilihan 04 BP2JK mengeluarkan, penawaran ulang, melalui SPSE, 22 Januari 2020.

“Ini tidak benar lagi. Sampai kemana dan kapan pun, ini kami tolak. Kami menduga, ada ketidak adilan yang dilakukan. Kalau tidak bisa masuk server, kenapa kami bisa masuk? Server rusak, tidak ada 2 jam. Sehingga kami bisa masuk,” cetusnya mengakhiri.(Iman Suryanto)


DomaiNesia