Home ยป Rekor Terbanyak di Indonesia, Sudah 1073 Sample Swab yang diperiksa di Sumbar

Rekor Terbanyak di Indonesia, Sudah 1073 Sample Swab yang diperiksa di Sumbar

Ilustrasi Rapid test
Ilustrasi Rapid test

IDNnews.id, Sumbar – Total sampai hari ini telah 438 orang warga sumatra barat terinfeksi covid-19. hari ini jumat 22 Mei 2020 Terjadi penambahan 2 orang lagi yang positif corona di sumbar. julmah pasien sembuh sebayak 5 orang dan meninggal bertambah 1 orang.

Provinsi Sumatera Barat menunjukan rekornya dalam pemeriksaan sample swab Covid-19. Pasalnya, hingga hari ini, Jumat, 22 Mei 2020, sudah 1073 sample swab yang diperiksa. Artinya, Sumbar mencetak rekor menjadi pemeriksa sample nomor 1 terbanyak di Indonesia.

“Sejak kemaren sampai subuh dini hari tadi, berdasarkan hasil swab test laboratorium fakultas kedokteran Unand dan Balai Veteriner Bukittinggi, telah 1073 sample swab diperiksa. Hal ini merupakan prestasi luar biasa, dan mendapatkan apresiasi dari Balitbang Kemenkes RI, karena dengan sample sebanyak itu, kita telah menjadi pemeriksa sample nomor 1 terbanyak di Indonesia,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Barat, Jasman Rizal melalui keterangan tertulisnya, Jumat, 22 Mei 2020.

Baca Juga  Perbaikan Jalan, Kendaraan di Jalur Padang-Bukittinggi Harus Lewati Jembatan Darurat

Dari 1073 sample swab yang diperiksa tersebut, sebanyak 438 orang warga Sumbar dinyatakan terinfeksi Covid-19, karena terjadi penambahan 2 orang lagi.

ilustrasi Tes Swab

“Sembuh bertambah 5 orang, sehingga total sembuh 157 orang dan meninggal bertambah 1 orang sehingga total meninggal menjadi 24 orang,” jelas Jasman yang juga Kepala Dinas Kominfo Sumbar ini.

Pertambahan sebanyak 2 orang warga Sumbar positif terinfeksi Covid-19 hari ini, ujar Jasman, berasal dari Kabupaten Dharmasraya dengan Rinciannya sebagai berikut:

  1. Wanita 34 th, warga Pulau Punjuang, pekerjaan tenaga kesehatan, diduga terpapar dari tempat kerja, penanganan isolasi mandiri sementara.
  2. Pria 36 th, warga Pulau Punjuang, pekerjaan wiraswasta, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
Baca Juga  Kejari Tanjungpinang Sebut Bakal Tahan Tersangka Dugaan Korupsi BPHTB

Sementara itu, pasien sembuh sebanyak 5 orang dengan rincian:

  1. Pria 38 th, warga Kuranji Kota Padang, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUP Dr. M. Djamil Padang
  2. Wanita 17 th, warga Andaleh Kota Padang, ststus pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Semen Padang Hospital.
  3. Pria 58 th, warga Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi.
  4. Wanita 60 th, warga Mato Aia Kota Padang, status IRT, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Rasidin Padang.
  5. Wanita 26 th, warga Pauah Kota Padang, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan spesimen darah kasus Covid-19 di M. Djamil, pasien RSUP Dr. M. Djamil Padang.
Baca Juga  Predator Anak di Batam Ditangkap,Polda Kepri: Pelaku Terancam Dikebiri 'Kimia'

Ada pun pasien meninggal merupakan seorang pria 59 th, warga Lubuak Kilangan Kota Padang, pekerjaan petani, pasien RSUP Dr. M. Djamil Padang.( Humas )


DomaiNesia