Home ┬╗ Ribuan Personil Gabungan Siap Amankan Tour de Singkarak 2019

Ribuan Personil Gabungan Siap Amankan Tour de Singkarak 2019

IDNnews.id, Padang – ┬áKepolisian Daerah Sumatera Barat menggelar video conference dengan 19 Kapolres di daerah itu untuk memastikan kesiapan pengamanan Tour de Singkarak (TdS) 2019.

Dalam video conference itu Kabiro Ops Kombes Pol Firly R Samosir yang memimpin rapat menanyakan secara langsung kesiapan pada masing-masing Polres. Hal itu dilakukan agar tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi saat balapan.

“Tugas kita adalah memastikan keamanan pebalap dari ancaman yang terlihat dan tidak terlihat. Semua jajaran sudah siap, termasuk untuk pengamanan pada dua daerah di Provinsi Jambi,” katanya di Padang, Selasa.

Menurutnya pengamanan jalur TdS 2019 melibatkan 8.251 personil terdiri dari 4.900 orang polisi, 661 TNI, 1.046 personil Dinas Perhubungan, 1437 Pol PP, dan 277 personil tambahan.

Baca Juga  Diduga Lakukan Pemerkosaan, Pasutri di Amankan Sat Reskrim Polres Bukittinggi

“Kami ingin di tahun kesebelas ini pelaksanaan TdS tetap berjalan dengan lancar dan bisa meminimalisir berbagai insiden saat penyelenggaraan. Kami libatkan Polres daerahnya yang dilewati maupun tidak dilewati atau sebagian dilewati,” katanya.

“Kemudian, terkait bergabungnya Sungai Penuh dan Kerinci kami sudah lakukan koordinasi hingga ke Korlantas Polri. Awalnya diarahkan untuk estafet. Tapi setelah koordinasi dengan pimpinan, untuk tahap ini Polda Sumbar yang akan mengawal,” katanya.

Dilanjutkan Firly, tidak hanya pengaman jalur, personil juga melakukan persiapan gangguan babinkamtibmas, infrastruktur dan kesiapan destinasi pariwisata menjelang pelaksanaan

.

“Sedikit menjadi catatan dilapangan masih ada beberapa jalan yang harus diperbaiki menjelang perhelatan. Namun itu akan menjadi tugas dinas terkait,” ulasnya.

Baca Juga  Diduga Lakukan Pemerkosaan, Pasutri di Amankan Sat Reskrim Polres Bukittinggi

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Taufik Ramadhan menyampaikan, video conference membuktikan lebih serius lagi pengamanan yang dilaksanakan pada TdS tahun ini.

“Ini pertama kalinya video conference dengan melibatkan Kapolres dan Kapolresta. Kami dari Dinas Pariwisata tentunya sangat berterima kasih kepada Polda Sumbar,” ujarnya didampingi Kabid Pemasaran Hendri Agung Indianto.

Dalam pertemuan itu juga ditandatangani MoU pengamanan ajang balap sepeda internasional TdS 2019. (*/antara)


DomaiNesia