Home » Samakan Visi dan Misi Pembangunan, Sesmenko ‘Beri Pencerahan’ di BP Batam

Samakan Visi dan Misi Pembangunan, Sesmenko ‘Beri Pencerahan’ di BP Batam

IDNNews.id, Batam – Sebagai bentuk tindaklanjut Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, yang mencakup sejumlah hal terkait pertumbuhan ekonomi, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Sesmenko) Republik Indonesia, Susiwijono, S.E., M.E. memaparkan sekaligus memberikan pengarahan di lingkungan Badan Pengusahaan (BP) Batam, Senin (13/1/2020).

Dalam pemaparan yang dihadiri ratusan pegawai di BP Batam tersebut, Susiwijono mengatakan bahwa pertemuan tersebut sebagai bentuk menyamakan persepsi sekaligus menjelaskan berbagai hal terkait ekonomi.

Mulai dari hal umum terkait ekonomi kedepannya, perkembangan ekonomi global hingga dinamika ekonomi Indonesia.

“Sehingga, hal tersebutlah yang menjadi referensi dan pegangan dari ‘kawan-kawan’ di daerah. Termasuk program apa saja yang akan dilakukan di Kota Batam,” jelasnya saat ditemui awak media di lantai 3 Gedung BP Batam.

Baca Juga  Dukung Efisiensi UMKM, PGN Layani Produsen Roti di Dumai

Selain itu, tambahnya, banyak hal yang dipaparkan tadi. Terkait fokus investasi dan ekspor, serta pencapaian industri yang ada hingga tujuan subsidi ekspor dan impor yangmenjadi pembahasan hangat dalam diskusi.

“Tujuannya adalah, supaya hal ini nantinya bisa disejalankan dengan program yang ada. Dimana rencana ekonomi nasional dan daerah nantinya bisa sejalan. Dan sesuai dengan rencana kedepannya,” terangnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional atau RPJMN 2020-2024 di Istana Negara, Jakarta, Senin (16/12/2019).

Tercatat ada lima arahan yang disampaikannya, yakni terkait pembangunan sumber daya manusia (SDM), infrastruktur, penyederhanaan regulasi, penyederhanaan birokrasi, serta transformasi ekonomi.

Baca Juga  Pertama di Batam, ASITA Kepri Gelar Batam Treasure Hunt

Jokowi pun berharap RPJMN Tahun 2020-2024 bukan menjadi dokumen formalitas. Tapi betul-betul menjadi panduan, menjadi rencana kita dalam melangkah ke depan menuju Indonesia maju. 

“Karena itu yang termuat dalam dokumen itu harus jelas, harus jelas arahnya, harus jelas targetnya, harus jelas dampak kepada rakyat kita. Targetnya harus betul-betul terukur, dikalkulasi yang baik dengan memperhitungkan berbagai aspek, termasuk konteks ketidakpastian ekonomi global sekarang ini,” kata Presiden Jokowi dikutip dari laman setkab.go.id.

Presiden menunjuk contoh misalnya, target pertumbuhan ekonomi juga harus dikalkulasi dengan baik dan juga disampaikan bagaimana strategi untuk mencapai target-target tersebut. 

Begitu pula dengan penurunan kemiskinan targetnya harus jelas berapa persen harus turun dan dalam waktu berapa lama. 

Baca Juga  Resto Kale Green Bantu Jaga Imunitas melalui Makanan Sehat

Outcome-nya juga dampaknya juga manfaatnya bagi rakyat juga harus bisa diukur sehingga menjadi pegangan bersama yang bisa dimonitor, yang bisa kita evaluasi bersama-sama. 

“Saya ingin dalam dokumen RJMN yang dimuat itu ada betul-betul peta jalannya, roadmap-nya ada, bagaimana cara mencapai target tersebut. Peta jalan yang jelas, tahapannya seperti apa, rutenya apa saja, dan betul-betul realistis bisa dilakukan, jangan abstrak, jangan normatif,” tegas Presiden Jokowi. (Iman Suryanto)


DomaiNesia