Home » Sekupang Bakal Jadi KEK Jasa Kesehatan di Batam

Sekupang Bakal Jadi KEK Jasa Kesehatan di Batam

IDNNews.id , Batam – Sebagai salah satu cara dalam pengembangan sektor jasa kesehatan bertaraf Internasional menuju peningkatan pertumbuhan ekonomi, Badan Pengusahaan (BP) Batam tengah mencari stimulan. Salah satunya dengan membantuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Jasa.

Namun demikian, Direktur Badan Usaha Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) dr. Sigit Riyanto menegaskan usulan untuk pembentukan KEK Jasa di bidang kesehatan tersebut, masih dalam proses dan belum final.

Dan hal ini terungkap, setelah mencuatnya kawasan Sekupang sebagai salah satu KEK jasa Kesehatan. “Saat ini sedang dibuat kajian dan masih digodok bersama. Siapa yang masuk dan dengan cara apa, nanti akan terjawab setelah selesai pembahasan nanti,” terangnya.

Ia pun menegaskan, salah satu alasan kenapa KEK Jasa di bidang kesehatan ini perlu dibuat adalah, banyaknya masyarakat Indonesia salah satunya Batam yang melakukan kunjungan ke luar negeri guna melakukan cek kesehatan.

Dan potensi inilah yang harus bisa diambil dan diserap. Untuk itu, kawasan Sekupang disiapkan untuk kegiatan kesehatan bertaraf internasional. 

“Diskusi terakhir, kita yang menentukan lokasi dan titiknya,” terangnya.

Untuk bisa mencapai ke sana, harus ada advanced research center, industri farmasi, advanced medical cares serta industri alat kesehatan dan medis.

“Dengan adanya itu semua, kita bisa mencegah masyarakat indonesia untuk berobat keluar negeri,” ujarnya.

Ada beberapa alasan yang menyebabkan masyarakat Indonesia lebih memilih berobat ke luar negeri, tambahnya, diantaranya pelayanan kesehatan di Indonesia dianggap belum memadai.

Selain itu, pelayanan kesehatan di luar negeri dianggap lebih jelas memberikan informasi obyektif menyangkut penyakitnya, serta pemakaian peralatan canggih dianggap lebih akurat dalam diagnosa dan penyembuhan penyakit.

“Alasan utamanya, rumah sakit di luar negeri memberikan layanan ‘beyond medicine, yaitu layanan konsultasi setelah selesainya prosedur medis atau penyediaan fasilitas bagi keluarganya,” tuturnya. (Iman Suryanto)

Baca Juga  Buntut Virus Corona, Indonesia Terkena Imbas dari Larangan Umrah ke Arab Saudi

DomaiNesia

Berita Terkait