Home ยป Sertu Sarmo Selamatkan Hutan dari Kebakaran Lahan di Meral Karimun

Sertu Sarmo Selamatkan Hutan dari Kebakaran Lahan di Meral Karimun

IDNNews.id, Karimun – Seorang anggota TNI Angkatan Darat yang bertugas sebagai Bintara Pembina Desa Pasir Panjang Kelurahan Pasir Panjang Kecamatan Meral Barat, Sertu Sarmo dengan sigap memadamkan kobaran api dan kepulan asap yang membakar hutan lindung seluas 2 hektar hanya seorang diri.

Aksi heroik ini, sempat direkam oleh warga setempat dalam sebuah ponselnya, Jumadi.

Jumadi mengatakan, Sertu Sarmo dengan sigap menerobos kobaran api dan kepulan asap dan langsung memadamkan api menggunakan alat seadanya.

BACA: KPU Karimun Rekrut Pionir di 3 Pulau Berbeda

“Kobaran api dan asap sudah mengepul banyak sekali, Komandan Sarmo ini langsung masuk ke dalam hutan, saya fikir mau bunuh diri dia. Awalnya sudah takut juga melihat Komandan Sarmo itu,” kata Jumadi di Meral, Jumat (18/1/2019).

Baca Juga  Diduga Lakukan Pemerkosaan, Pasutri di Amankan Sat Reskrim Polres Bukittinggi

Jumadi mengatakan beruntung dalam kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa, namun dirinya sempat merasa khawatir melihat aksi Sertu Sarmo yang mencoba mengendalikan kobaran api tanpa alat bantu apapun.

“Saya tidak berani masuk, karena tidak ada air di sini, saya panggil-panggil saja Komandan Sarmo dari jalan sini. Enggak berapa lama saya lihat apinya makin lama-makin kecil,” katanya.

BACA: Karimun Goldcoast, Kawasan Bisnis Terpadu Berkelas Internasional

Aksi Sertu Sarmo ini ternyata dapat mengendalikan kobaran api yang telah melalap 2 hektar hutan lindung sebelum petugas pemadam kebakaran datang dan memadamkan kobaran api yang berusa menelan hutan lindung tersebut.

Kebakaran sendiri diketahui pertama kali oleh salah seorang warga setempat yang melihat bumbungan asap yang mengepul.

Baca Juga  Diduga Lakukan Pemerkosaan, Pasutri di Amankan Sat Reskrim Polres Bukittinggi

Pada saat bersamaan, warga tersebut langsung memberitahukan apa yang dilihatnya kepada Babinsa Sertu Sarmo.

“Sepertinya tidak ada rumah maupun korban jiwa, sebab udah dipadamkan deluan oleh Bapak Komandan kami ini,” katanya.(Nursali)


DomaiNesia