Home » Situasi Pemilu Kondusif, REI Optimis Bisnis Property di Batam Bakal Naik

Situasi Pemilu Kondusif, REI Optimis Bisnis Property di Batam Bakal Naik

IDNNews.id, Batam – Kondisi yang aman dan nyaman pasca-pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, diyakini pengusaha hingga pengamat perekonomian akan memberikan angin segar bagi perkembangan Property. Khususnya di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Real Estate Indonesia (REI) Batam, Achyar Arfan saat dihubungi IDNNews mengatakan keyakinan tersebut didasarkan pada pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya. Dimana situasi perpolitikan di Indonesia akan memiliki andil besar dalam pengembangan Property dan investasi di Batam.

“saya optimis perkembangan Property di Batam akan lebih baik dan meningkat dari sebelumnya. Hal ini juga dilihat dari peningkatan indeks harga saham secara nasional dan peningkatan kepercayaan dari para pelaku ekonomi yang menyatakan bahwa Batam sudah aman dan kondusif untuk investasi baru,” jelas Achyar , Kamis (13/6/2019) siang.

Baca Juga  Hasil Liga Europa: AC Milan Lolos 16 Besar

Selain itu,tambahnya, mulai dibukanya berbagai jenis lowongan pekerjaan (loker) di kawasan bisnis di Batam, dipastikan akan memicu daya beli masyarakat yang notabene karyawan, salah satunya kebutuhan akan tempat hunian. 

“Selanjutnya , REI Batam juga akan segera melanjutkan rencana membangun rumah murah bersubsidi di atas lahan kaveling siap bangun (KSB) yang tak dimanfaatkan dengan luas mencapai 1.000 Hektar,”jelasnya.

Achyar juga menyebut masih banyak masyarakat Batam yang membutuhkan rumah layak huni. Contohnya di Pemko Batam saja terdapat sekitar 1.000 petugas kebersihan. Kebanyakan dari mereka tinggal di rumah liar (ruli).

“Di Batam ada sekitar 50 ribu ruli. Sedangkan target kami itu bikin 1.000 rumah murah per tahun. Jadi, butuh waktu 50 tahun untuk memindahkan ruli ke rumah layak huni. Tapi dengan memanfaatkan KSB, bisa lebih cepat,” ucapnya.

Baca Juga  Laga Berakhir Imbang, Manchester United Lolos ke babak 16 Besar Liga Europa

Untuk mewujudkan ikut semua, REI Batam akan mengajak Badan Pengusahaan (BP) Batam untuk mewujudkan itu semua.

“Kami ingin kerja sama dengan BP Batam, dimana kami akan buat master plan-nya yang terdiri dari fasilitas umum lengkap seperti fasilitas pendidikan, kesehatan dan lainnya,” tutupnya. (Iman Suryanto)


DomaiNesia