Home » Sukses Aman Pemilu, Polda Kepri ‘Banjir’ Penghargaan. Waka Polda: Kecuali Batam, Mungkin Mereka Sibuk

Sukses Aman Pemilu, Polda Kepri ‘Banjir’ Penghargaan. Waka Polda: Kecuali Batam, Mungkin Mereka Sibuk

IDNNews.id, Batam – Sukses dalam memberikan rasa aman dan nyaman saat Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 silam, kiranya membuahkan sederet penghargaan yang diterima oleh Kepolisian Daerah (Polda) Kepri.

Mengingat, Polda Kepri terbilang berhasil dalam menurunkan peringkat kerawanan pemilu dari posisi lima ke 29 untuk peringkat Kota Kerawanan selama Pemilu 2019 di seluruh Indonesia.

“Berdasarkan indek kerawanan pemilu di Indonesia, Kepri mendapat peringkat ke lima ke 29 sebagai Kota Teraman se-Indonesia dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Wakil Kepala Polda Kepri Brigadir Jenderal Yan Fitri Halimansyah dihadapan awak media di Mapolda Kepri, Senin (30/12/2019).

Foto/Icank/PMB

Prestasi Polda Kepri meningkatkan Indeks Kerawanan Pemilu itu pun mendapat apresiasi dari pihak lain di sejumlah kota-kota yang ada di wilayah Provinsi Kepri. Sayangnya, apresiasi keberhasilan Polda Kepri itu justru tidak datang dari Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

“Nggak ada penghargaan satupun dari Pemko Batam. Mungkin para pejabatnya sedang sibuk,” timpal Wakapolda sambil bercanda yang saat itu didampingi Irwasda Polda Kepri dan Kabid Humas.

Orang nomor dua di Polda Kepri itu juga mengatakan pihaknya sudah melakukan kegiatan Pra-Operasi Mantap Praja digelar.

Bahkan dalam agenda nasional Pilkada serentak 2020 dengan tahapan periode bulan April nanti, Polda Kepri sudah menambah jumlah personil di tiga Polres prioritas.

Di antaranya Anambas, Natuna dan Lingga. Yang tadinya kondisi sangat minim personil untuk memberikan pelayanan dan pengamanan di 2020.

Pihaknya juga prioritaskan penempatan bintara-bintara baru dan perwira lulusan SIP Polda Kepri diletakkan di tiga Polres prioritas ini.

“Jadi yang punya anak dan saudara yang lulusan SIP dan bintara jangan harap dinas di Bintan, Tanjungpinang, Batam dan Karimun,” tegas Yan Fitri. Karena tiga Polres tadi menjadi prioritas diisi agar memenuhi persyaratan sampai angka 50 persen.

Baca Juga  Pembangunan Daerah Tertinggal di Anambas Jadi Isu Strategis di RPJMN 2020-2024

Sejauh ini pihaknya melakukan koordinasi dengan KPU dan Bawaslu terkait untuk melengkapi data-data pemilu yang ada untuk melakukan analisa dan evaluasi.

Selain memaparkan Indeks Kerawanan Pemilu, Yan Fitri juga menjelaskan pertumbuhan ekonomi cukup baik di Kepri. Karena Kapolda memberikan penekanan kepada jajaran untuk bersikap responsif terhadap perkembangan kamtibmas di tengah masyarakat, terutama masalah yang menyangkut kebutuhan pangan, bahan bakar dan penyelundupan.

IDNNews.id/ Iman Suryanto, Pendistribusian Logistik Pemilu 2019 se-Kecamatan Batam Kota di GOR Bandara, Batam Center, Batam, Senin (15/4/2019)

“Inilah peran serta Polda Kepri untuk menciptakan sebuah kepastian dan situasi di Kepri,” katanya. Selain itu, sambung Yan Fitri, memberikan rasa aman dan pendistribusian bahan baku dan bahan setengah jadi melalui kegiatan patroli sambang dan pengamanan objek vital di daerah industri dan pelabuhan.

“Mengawasi penggunaan barang bersubsidi dengan operasi pasar murah. Menekan laju inflasi, Polda Kepri turut menjamin jangkauan harga, ketersediaan barang distribusi,” tegasnya. Bahkan juga membentuk Satgas Pengamanan Waspada Investasi dan Saber Pungli untuk mengantisipasi terjadinya fluktuasi perkembangan ekonomi di Kepri.(*/pmb)


DomaiNesia

Berita Terkait