Home » Sukseskan Sensus Penduduk Secara Online, BPS Harapkan Peran Aktif Warga Batam

Sukseskan Sensus Penduduk Secara Online, BPS Harapkan Peran Aktif Warga Batam

Kepala BPS Batam Batam, Rahyudin
Kepala BPS Batam Batam, Rahyudin

IDNNews.id, Batam – Badan Pusat Statistik (BPS) akan menggelar sensus penduduk serentak di seluruh Indonesia pada 2020. Untuk kali ini, sensus tersebut akan dilakukan menggunakan sistem online terhitung Februari hingga Maret 2020 mendatang.

Untuk itu, BPS Batam menargetkan 30 Persen Kepala Keluarga dari jumlah penduduk yang ada di Batam diharapkan sudah melakukan sensus online yang diakses melalui lamaan www.bps.go.id.

Kepala BPS Batam Batam, Rahyudin mengatakan untuk wilayah Batam sensiei dirinya menargetkan 30% kepala keluarga di Batam sudah melakukan sensus online.

“Kita targetkan 30 persennya sudah melakukan sensus online,” katanya.

Kepala BPS Batam Batam, Rahyudin
Kepala BPS Batam Batam, Rahyudin

Ia juga menegaskan, tujuan dari sensus penduduk secara online ini sendiri guna memudahkan proses. Mengingat, tingginya mobilitas masyarakat Batam saat ini ditambah dengan kemajuan teknologi kiranya bisa proses sensus penduduk ini bisa terlaksana dengan baik.

“Saya yakin masyarakat Batam saat ini sudah fasih dan paham dengan gagdet dan internet. Sehingga hal ini saya kira akan memudahkan mereka dalam melakukan sensus penduduk secara online,” terangnya.

Lalu bagaimana cara melakukan Sensus Penduduk secara Online. Nantinya warga Batam bisa mengakses laman web www.bps.go.id atau https://sensus.bps.go.id/ .Dan msecara langsung bisa melakukan pengisian data secara mandiri.

Sebagaimana diketahui, proses pengisian data online ini sendiri akan dimonitor atau diawasi langsung oleh BPS di tingkat Kabupaten/Kota maupun Provinsi.

Kepala BPS Batam Batam, Rahyudin
Kepala BPS Batam Batam, Rahyudin

Sementara itu, Badan Pusat Statistik (BPS) mengajukan penambahan anggaran sebesar 52,9% atau menjadi Rp7,9 triliun untuk rencana kerja tahun 2020. Tambahan anggaran itu akan digunakan untuk mendukung pelaksanaan sensus penduduk 2020 (SP 2020).

Permintaan itu disampaikan dalam rapat dengar pendapat BPS dengan komisi XI DPR di Jakarta, Senin (9/12/2019).

“Sebanyak Rp4 triliun dari total anggaran di antaranya akan kita gunakan untuk menggunakan Sensus Penduduk 2020,” kata Kepala BPS, Suhariyanto

Selain untuk pelaksanaan SP 2020, kebutuhan anggaran akan dialokasikan untuk beberapa kegiatan BPS di antaranya mengumpulkan data-data baru. Salah satunya adalah data mengenai pengeluaran wisatawan mancanegara menurut kebangsaan.

“Kita juga sekarang sedang menyusun neraca pariwisata dan juga untuk wisatawan nusantara. Karena, ke depan harusnya kita tidak hanya bergantung kepada wisatawan mancanegara, tetapi juga kepada wisatawan domestik,” ujarnya.

Suhariyanto menambahkan bahwa pihaknya akan melaksanakan SP 2020 dengan menggunakan basis data Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri.

Kepala BPS Batam Batam, Rahyudin

Sensus penduduk ini bertujuan menghasilkan satu data yang tersinkronisasi. Penghelatan yang digelar sepuluh tahun sekali ini merupakan sensus yang ketujuh dilaksanakan oleh BPS.

“Sensus Penduduk 2020 akan kita bagi dua tahap. Tahap pertama tahun 2020 dan tahap kedua tahun 2021,” pungkasnya. (Iman Suryanto/dtk)


DomaiNesia

Berita Terkait