Home ยป Targetkan Peningkatan SDM Batam, Ini yang akan Dilakukan Johannes Tarigan

Targetkan Peningkatan SDM Batam, Ini yang akan Dilakukan Johannes Tarigan

Johannes Tarigan
Johannes Tarigan

IDNNews.id, Batam – Pembentukan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki karakter dan kualitas di bidangnya masing-masing, menjadi salah satu program kerja Johannes Tarigan, Calon Wakil Wali Kota Batam yang akan maju dalam Pilkada 2020 mendatang.

Bahkan pendiri LSM Peduli Bangsa ini mengaku dengan memasukkan peningkatan kualitas SDM dalam program kerjanya jika nanti terpilih, akan memberikan dampak yang sangat berarti dalam peningkatan perekonomian Batam yang terkenal sebagai Kota Industri.

“Saya kira, peningkatan SDM dalam pembangunan Indonesia, khususnya Kota Batam kedepannya sangat penting. Bahkan bisa dikatakan lebih penting dari pada pembangunan fisik (infrastruktur,red). Sebenarnya dua-dua penting juga, tapi tingkatnya diatas pembangunan fisik,” jelasnya.

Baca Juga  Februari Bertebar Promo di Best Western Premier Panbil
Johannes Tarigan
Johannes Tarigan

Mengingat, tambahnya, pembangunan SDM menjadi pengarusutamaan strategi pembangunan bangsa Indonesia ke depan nantinya. Dan urgensi pembangunan SDM kiranya menjadi faktor kunci dalam memenangkan persaingan global. Khususnya di Batam.

“Jadi kita akan membangun SDM seutuhnya. Oleh karena itu, saya sangat bersemangat untuk menyediakan diri saya untuk maju sebagai Wakil Wali Kota Batam,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, Bank Dunia dalam laporannya yang berjudul Aspiring Indonesia-Expanding the Middle Class menyebut, ada sedikitnya 115 juta rakyat Indonesia yang rentan kembali menjadi miskin.

Alasannya karena orang-orang yang berada dalam golongan tersebut belum bisa dikatakan sudah masuk ke golongan masyarakat kelas menengah.

“Ada 115 juta orang Indonesia tidak lagi miskin dan rentan. Tapi, mereka belum menjadi bagian dari kelas menengah,” kata Acting Country Director World Bank untuk Indonesia, Rolande Pryce di kawasan SCBD, Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Baca Juga  Pertama di Batam, ASITA Kepri Gelar Batam Treasure Hunt

Agar hal itu tak terjadi, Bank Dunia meminta kepada Pemerintah Indonesia untuk membuat kebijakan yang tepat, guna mendorong mereka agar dapat masuk ke dalam golongan kelas menengah.

Johannes Tarigan
Johannes Tarigan

Bank Dunia mencatat, masyarakat kelas menengah merupakan pendorong utama pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sebab, sejak 2002, peningkatan konsumsi domestik selalu didominasi oleh perbaikan konsumsi dari masyarakat kelas tersebut.

“Mereka adalah sumber dari hampir setengah total konsumsi domestik di Indonesia. Mereka juga berinvestasi lebih banyak pada sumber daya manusia. Dengan kebijakan yang tepat untuk memperluas kelas menengah, dapat membuka potensi pembangunan Indonesia dan mendorong Indonesia menjadi negara berpenghasilan tinggi,” jelas Rolande.

Rolande menyebut, salah satu langkah yang dapat dilakukan oleh pemerintah Indonesia dengan meningkatkan lapangan pekerjaan. Tidak hanya itu, perbaikan upah para pekerja pun juga dipandang efektif untuk menaikan kelas masyarakat Indonesia ke kelas menengah.

Baca Juga  Kemenhub Keluarkan SE Pelaksanaan Perjalan Dalam Negeri dengan Transportasi Udara

“Ini penting karena mereka kan memainkan peran bagi Indonesia dalam mencapai tujuan menjadi negara berpenghasilan tinggi,” ujarnya. (Iman Suryanto)


DomaiNesia