Home ยป Tayang Akhir Tahun, Film Habibie & Ainun 3 Gunakan Konsep CGI

Tayang Akhir Tahun, Film Habibie & Ainun 3 Gunakan Konsep CGI

IDNnews.id, Film – MD Pictures merilis Trailer film Habibie & Ainun 3 di saluran YouTube, pada hari Kamis (26/9). Film ketiga Habibie & Ainun kembali diperankan oleh Reza Rahadian sebagai Bacharudin Jusuf Habibie dan Maudy Ayunda sebagai Hasri Ainun Besari.

Hanung Bramantyo sebagai sutradara menggunakan visual efek computer generated imagery (CGI). Konsep ini dilakukan David Fincher dalam film The Curious Case of Benjamin Button. Yakni memasang wajah aktor utama ke muka aktor lain yang usia dan perawakannya lebih muda.

“Saya menggunakan teknik ini pertama kali dalam karir saya. Kita mempelajari dari film Benjamin Button yang dibintangi Brad Pitt, lalu film Shahrukh Khan yang FAN. Kita lihat behind the scene-nya. Lalu kita konsultasi sama kawan yang ada di Amerika, kemudian kita utak atik sendiri, kita coba dari yang sederhana dulu pakai kepala saya, saya taruh ke kepala anak saya,” beber Hanung

Mula-mula wajah Reza Rahardian dipotret dari berbagai sisi. Hasilnya kemudian diubah menjadi bentuk tiga dimensi.

Sudah rilis trailernya, film Habibis & Aunun 3 diramaikan dengan kemunculan orang ketiga bernama Ahmad (Foto : MD Pictures)

“Kita motret wajah Reza Rahardian muter, banyak kamera untuk dapet 360 derajat. Kita ambil struktur wajah dan rambutnya. Hasil fotonya kita masukkan ke komputer menjadi 3D (tiga dimensi),” ungkap Hanung Bramantyo.

Namun, langkah tersebut belum selesai. Selajutnya, Hanung Bramantyo harus mencari anak SMA untuk ‘dipasang’ kepala Reza Rahardian.

“Saya syuting dengan aktor muda pemeran Habibie SMA. Anak ini kepalanya ditutupin pakai kain biru (blue screen). Begitu selesai, wajah anak ini diganti dengan mukanya Reza Rahardian di meja editing. Diberi sentuhan CGI,” beber Hanung Bramantyo.

Baca Juga  Sambut Natal dan Tahun Baru, Telkomsel kembali 'Bagi-bagi' Hadiah. Ini Syaratnya

Proses CGI yang diterapkan Hanung Bramantyo di film Habibie & Ainun 3, semuanya dilakukan di Jakarta. Dikerjakan oleh orang-orang yang pernah bekerja sama dengan Hanung di film sebelumnya.

“Pak Manoj (produser) sempat nantang ‘Bisa kerjain nggak? Kalau nggak ada sekalian di Hollywood aja bayar mahal’. Terus tim saya yang pernah kerja bareng di (film) Sang Pencerah, Sultan Agung, dan Soekarno kemudian tertantang untuk mengerjakan sendiri,” jelas suami artis Zaskia Adya Mecca ini.

Untuk adegan Reza Rahadian muda rupanya memakan waktu cukup lama. Hanung Bramantyo mengaku memerlukan satu hari untuk satu adegan.

“Total syuting 30 hari. Untuk adegan dengan CGI, satu hari itu satu adegan. Karena detail banget, pergerakan Reza harus dijaga, juga pemain mudanya, disamakan,” ujarnya.

Sumber:ngopibareng


DomaiNesia

Berita Terkait