Home » Tidak Ada Penolakan Pasien Covid-19 di Rumah Sakit Khusus Galang. Ini Kronologisnya

Tidak Ada Penolakan Pasien Covid-19 di Rumah Sakit Khusus Galang. Ini Kronologisnya

Didi, Kadinkes Batam
Didi, Kadinkes Batam

IDNNews.id, Batam – Kabar tidak menerima pasien covid-19 di Rumah Sakit Khusus di Pulau Galang, Batam, Provinsi Kepri diluruskan oleh Komandan Kodim 0316/Batam, Letkol Ahmad Daud.

Sebagaimana dilansir batamclick, Dandim Batam ini menegaskan ada semacam miss komunikasi. Dan pihaknya menegaskan tidak ada penolakan pasien di RS Khusus di Galang Batam, Minggu (26/4/2020) sore.

“Rumah sakit khusus corona di Galang itu diinstruksikan dari pusat, agar mempersiapkan diri untuk para pasien dari ABK Kapal Pesiar yang WNI, Tenaga Kerja Indonesia dan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru dipulangkan ke tanah air dan diduga terjangkit corona,” papar Daud.

Jumlah dari ketiga golongan itu, sangat banyak, dan harus diantisipasi. “Ini instruksi dari pusat, dan kami harus mempersiapkan itu, karena ini bisa datang dari mana saja di penjuru Indonesia,” sebutnya.

Baca Juga  Sistem Manajemen Terpadu, Andalan ATB Melayani untuk Indonesia
Rumah Sakit Khusus di Galang Batam, Provisi Kepri
Rumah Sakit Khusus di Galang Batam, Provisi Kepri

Pada prinsipnya, Rumah Sakit Galang di Batam tidak ada menolak pasien dari manapun. “Tapi karena ini terkait persiapan yang telah diinstruksikan dari pusat, harus kita jalankan,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi di tempat perpisah membenarkan hal tersebut. Dan memaparkan kronologisnya.

“Pertama begini, pagi tadi kami mendapatkan informasi adanya pasien positif covid-19 dari BTKLPP Batam, dan langsung kami berkoordinasi dengam intitusi terkait,” jelasnya.

Dan hasil dari koordinasi pihaknya dengan managemen Rumah Sakit Bhayangkara, disepakati untuk dirujuk ke Rumah Sakit Khusus di Galang.

Didi, Kadinkes Batam
Didi, Kadinkes Batam

Mengingat, 3 anggota Polri sebelumnya menjalani perawatan di Rumah Sakit Khusus di Pulau Galang Batam juga.

Baca Juga  Pjs Wali Kota Batam Cermati Presentasi Roadmap Tanjung Sauh

Dan atas pertimbangan itulah, pihaknya menghubungi Direktur Rumah Sakit Khusus di Galang. “Dan sudah di oke-kan. Saya pun langsung meminta pasein tersebut untuk dibawa ke Galang,” terangnya.

Namun dirinya mendapat kabar dari RS Bayangkara, bahwa pasien tidak bisa dirujuk ke Rumah Sakit Khusus Galang tidak, karena hanya menerima TKI, Crew Kapal dan Jemaah Tabligh yang pulang dari Malaysia.

“Jadi, tidak ada penolakan dari Direktur Rumah Sakit di Galangnya. Maka kami berkoordinasi dengan manajemen Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) di Sekupang untuk perawatan lebih lanjut pasien tersebut,” jelasnya. (Iman Suryanto)


DomaiNesia
UA-128167721-1