Home ยป Tingkatkan Pengamanan Aset dan Investasi, BP Batam Lakukan Penandatangan Kerjasama dengan Polri

Tingkatkan Pengamanan Aset dan Investasi, BP Batam Lakukan Penandatangan Kerjasama dengan Polri

IDNNews.id, Batam – Luasnya wilayah kerja serta aset-aset yang dimiliki oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam dalam menunjang pembangunan, serta mendatangkan investasi untuk menggerakkan roda perekonomian, tentunya sangat dibutuhkan adanya rasa aman dan nyaman dalam melakukan usaha dan berusaha di Batam.

Untuk itulah, BP Batam menggandeng Kepolisian Negara Republik Indonesia guna melakukan penandatangan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama terkait bantuan pengamanan dan penegakkan hukum di wilayah kerja Badan Pengusahaan kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas Batam, di lantai 3 Balairung BP Batam, Kamis (9/7/2020) pagi.

Hadir pada kesempatan tersebut Asisten Operasi (Asops) Kapolri Irjen Pol. Drs. Herry Rudolf Nahak, M.Si., Kepala Bp Batam HM Rudi serta sejumlah pimpinan TNI dan Polri di Provinsi Kepulauan Riau.

Baca Juga  Aice Grup dan GP Ansor Distribusikan 150 Ribu Masker Untuk Masyarakat Batam

Pada kesempatan tersebut, Kepala BP Batam HM Rudi menyambut baik adanya penandatangan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama tersebut. Mengingat, luasnya wilayah kerja di BP Batam membuat sehingga membutuhkan bantuan dan kerjasama yang baik dengan Polri dan TNI.

“Cukup luas dan besarnya Kota Batam ini, mungkin BP Batam sendiri tidak mampu untuk mengamankannya sendiri. Untuk itu, kita butuh dukungan dari TNi dan Polri untuk menjaga aset ini. Mengingat, meningkatnya pembangunan Kota Batam di saat ini dan masa yang akan datang maka akan sangat diperlukan pengamanan,” Jelas Rudi saat meerikan kata sambutan.

Ia pun menegaskan, kondisi saat ini di Batam belum begitu sesuai dengan harapan, meski pihaknya sudah berusaha sejak beberapa tahun terakhir untuk melakukan penertiban. Dimana hal ini ditujukan untuk meningkatkan investasi yang masuk ke Batam dan diinginkan oleh Investor.

Baca Juga  Realisasi Belanja BP Batam di 2020 Capai Rp1.693,50 Miliar

“Saya berharap, dengan adanya kerjasama ini kedepannya pengamanan aset yang ada bisa dilaksanakan dengan baik,” jelasnya.

Dan ini semua sesuai dengan perintah dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartanto yang bertujuan untuk meningkatkan investasi di Kota Batam. Dimana Batam ditargetkan untuk bisa mendapatkan pemasukan sebesar 1 Miliar Dollar Amerika Serikat.

“Artinya, kerjasama ini sangat kami butuhkan. Dan mudah-mudahan dengan adanya kerjasama ini target yang diberikan bisa terealisasi full maupun 2 kali lipat,” jelasnya.

Sementara itu, Asisten Operasi (Asops) Kapolri Irjen Pol. Drs. Herry Rudolf Nahak, M.Si., mengatakan bahwa penandatanganan kerjasama ini bisa menjadi sebuah langkah strategis dalam menghadapi tantangan kedepannya.

Baca Juga  Bandara Hang Nadim Batam 'Disulap' Jadi Hub Logistik

Terlebih lagi apa yang disampaikan oleh Kepala BP Batam bahwa Kota Batam sangat mengandalkan investasi dari luar. Sehingga sangat membutuhkan situasi keamanan yang baik dan investasi bisa betul-betul berjalan.

Dimana dan nota kesepahaman ini diatur dalam beberapa hal. Diantaranya pertukaran data dan infrmasi, bantuan pengamanan, penegakan hukum, peningkatan dan kapasitas SDM, peningkatan sarana dan prasarana dan lainnya yang disepakati .

“Kita berharap dengan adanya kerjasama ini bisa mendukung upaya-upaya dari BP Batam dalam meningkatan dan pencapaian target investasinya. Terlebih lagi, Batam dalam pemulihan ekonomi pasca-dihantam ‘badai’ Pandemi Covid-19,” jelasnya. (Iman Suryanto)


DomaiNesia