Home » Tolak RUU KUHP dan KPK, Gabungan Mahasiswa Batam Gelar Aksi di Tengah Guyuran Hujan

Tolak RUU KUHP dan KPK, Gabungan Mahasiswa Batam Gelar Aksi di Tengah Guyuran Hujan

IDNNews.id, Batam – Ratusan Mahasiswa yang ada di Sejumlah Perguruan Tinggi di Kota Batam, kembali melakukan aksi unjuk rasa dengan turun ke jalan pada Senin (30/9/2019) pagi.

Aksi yang digelar di ruas jalan antara kantor DPRD Batam dan Pemerintah Kota Batam ini, diwarnai dengan turunnya hujan yagn cukup lebat. Namun demikian, hal tersebtu tidak menyurutkan niat mahasiswa dalam menyuarakan aspirasi mereka untuk menolak Rancangan Undang-Undang (RUU) KUHP dan Undang-Undang (UU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang sudah disahkan sebelumnya.

Guntur Gumilang, Koordinator Lapangan (Korlap) aksi unjukrasa damai tersebut mengatakan bahwa aksi yang mereka lakukan tersebut guna menyampaikan beberapa hal penting. Diantaranya, menolak keputusan UU KPK yang sudah disahkan.

“Selain itu, kami juga menyatakan penolakann terhadap RUU KUHP, dimana didalamnya terdapat beberapa pasal-pasal yang sangat ‘ngawur’,” jelas Guntur.

Selain itu, tambahnya, pihaknya juga menyampaikan dan meminta agar Pemerintah mencabut izin koorporasi dari perusahaan-perusahaan yang menyebabkan kebakaran hutan dan lahan di wwilayah Indoneseia.

“Kami juga mengimbau agar mencabut dan memecat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. Karena membiarkan adanya kebakaran hutan yang berlarut-larut,” tegasnya.

Kemudian, mahasiswa juga mengutuk tindakan-tindakan yang menyebakna korban jiwa dari mahasiswa saat menyuarakan aspirasi penolakan di seluruh wilayah Indonesia.

“Kami sengaja melakukan shalat gaib untuk mendoakan rekan-rekan kita yang menjadi korban. Kami juga mengimbau kepada temen-teman mahasiswa di seluruh Indonesia untuk mengusut tuntas siapa pelaku hingga jatuhnya korban jiwa,” terangnya. (Iman Suryanto)

Baca Juga  Daftar Nama-nama Kabinet Joko Widodo – Ma’ruf Amin Periode 2019-2024

DomaiNesia

Berita Terkait