Home ยป Trafik Layanan Data Telkomsel Diprediksi Naik hingga 10,19 Persen di Momen Natal dan Tahun Baru 2021

Trafik Layanan Data Telkomsel Diprediksi Naik hingga 10,19 Persen di Momen Natal dan Tahun Baru 2021

IDNNews.id, Jakarta – Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Telkomsel secara berkesinambungan mempersiapkan diri untuk menghadapi momen Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (NARU).

Dimomen ini pun, Telkomsel memprediksikan trafik layanan data akan mengalami peningkatan sebesar 10,19 persen dibandingkan hari biasa di tahun 2020, atau akan bertumbuh hingga 49,3 persen dibandingkan dengan Natal dan Tahun Baru di tahun sebelumnya.

Direktur Network Telkomsel Hendri Mulya Syam saat jumpa pers secara online pada Senin (14/12/2020) siang, mengatakan bahwa prediksi peningkatan tersebut didasari pada tren perubahan perilaku pelanggan selama masa pandemi di sepanjang tahun ini.

Di mana terjadi pergeseran pemanfaatan akses layanan berbasis digital untuk kebutuhan mendukung aktivitas keseharian, seperti akses layanan media sosial yang diprediksi tumbuh 7,32 persen dan layanan communications (seperti instant messaging dan video conference) melonjak 22,52 persen.

Baca Juga  ATB Bentuk BD, Mitra Terbaik Sehatkan PDAM Indonesia

“Selain itu, layanan streaming video juga naik 12,47 persen, layanan mobile gaming melonjak hingga 18,65 persen, akses browsing naik 14,21 persen, serta akses layanan e-commerce yang akan tumbuh sekira 13,17 persen,” jelasnya.

Sedangkan untuk trafik pada layanan SMS, tambahnya, Telkomsel memproyeksi akan terjadi pertumbuhan sebesar 4,89 persen dibandingkan dengan hari biasa di 2020. Jika dibandingkan dengan Natal dan Tahun Baru 2019, pertumbuhan yang terjadi diprediksi mencapai 0,8 persen.

Untuk layanan Voice, Telkomsel pun memprediksi trafiknya akan tumbuh 2,76 persen dari hari biasa di tahun ini. Jika dibandingkan dengan Natal dan Tahun Baru sebelumnya, trafik layanan Voice diperkirakan akan turun 12,1 persen.

“Berdasarkan prediksi trafik di atas, Telkomsel mengambil langkah antisipatif dengan melakukan optimalisasi jaringan, khususnya pada konektivitas broadband, di 550 point of interest (POI) yang tersebar di seluruh Indonesia,” terangnya.

Baca Juga  Pemko Bakal Tata Kawasan Galang hingga Batuaji. 'Akan Ada Air Mancur di Bundaran'

POI tersebut mencakup 304 area residensial, 23 wilayah rumah sakit utama penanganan COVID-19, serta 223 titik strategis utama lainnya di tiap provinsi (meliputi titik jalur distribusi logistik seperti bandara, pelabuhan, jalan, serta fasilitas umum lain).

“Upaya penguatan, penambahan, dan pengamanan akses jaringan yang telah dilakukan secara rutin menjadi langkah kami untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, khususnya akan akses layanan broadband, terutama menjelang momen hari Natal dan Tahun Baru. Dengan adanya fokus optimalisasi jaringan di masing-masing titik prioritas ini kami berharap dapat meningkatkan user experience saat menggunakan jaringan Telkomsel,” terangnya.

Pihaknya pun memastikan, bahwa penguatan dan pengamanan akses jaringan akan menjangkau seluruh titik prioritas agar seluruh pelanggan dapat terus menikmati layanan broadband terdepan, terluas, dan merata dengan nyaman dan lancar di setiap aktivitas digitalnya di momen akhir tahun dan pergantian tahun baru.

Baca Juga  Kembangkan Talenta Unggul Tersertifikasi, Telkomsel Gelar IndonesiaNEXT

Dalam melakukan upaya penguatan kualitas dan kapasitas jaringan di POI yang telah ditentukan, Telkomsel mengoperasikan tambahan 587 BTS 4G LTE baru, dan 69 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), serta menambah kapasitas gateway internet menjadi 6.880 Gbps untuk menjamin kelancaran akses layanan data bagi pelanggan di seluruh Indonesia.

Hingga November tahun ini, Telkomsel juga telah mengoperasikan teknologi 4G LTE di seluruh BTS USO yang tersebar di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar), termasuk perbatasan negara hingga pelosok negeri. Sekaligus melengkapi lebih dari 233.000 BTS Telkomsel yang sudah beroperasi melayani lebih dari 95% wilayah populasi di Indonesia. (Iman Suryanto)


DomaiNesia