Home ยป Ungkap Tiga Kasus Narkotika, BNNP Kepri Sukses Sita 20.192,88 Gram Sabu Jaringan Internasional

Ungkap Tiga Kasus Narkotika, BNNP Kepri Sukses Sita 20.192,88 Gram Sabu Jaringan Internasional

IDNNews.id, Batam – Badan Narkotika Nasional Provinsi Kepulauan Riau (BNNP Kepri) mengungkap tiga kasus peredaran narkoba jaringan Internasional yang terjadi di wilayah Kepri.

Dari hasil pengungkapan tersebut, diketahui narkotika golongan I jenis Sabu dengan berat 20.192,88 Gram, dengan jumlah tersangka sebanyak 6 orang.

Kepala BNNP Kepri, Brigjen Pol Drs Henry P Simanjuntak mengatakan pengungkapan pertama terjadi pada Selasa (13/4/2021), denga lokasi peraran Tanjung Uban, Kabupaten Bintan.

Dimana petugas BNNP Kepri mengamankan seorang pria berinisial LE (26) yang diketahui membawa 1 kantong plastik, dimana di dalamnya terdapat 2 bungkus plastik teh cina dengam merek Guanyinwang yang dibalut dengan lakban berwarna biru.

“Dari pengungkapan ini, kita mengamankan narkotika jenis sabu dengan berat 2.168 gram. Setelah dilakukan pengembangan, kita kembali mengamankan tersangka lainnya berinisial IR (25 tahun) di Pelabuhan Tanjung Riau,” jelasnya.

Baca Juga  Sembunyikan Sabu 18,3 Gram di Tas, Pemudik Ini Diamankan Bea Cukai Batam

Kemudian, tambahnya, di kasus kedua kembali diamankan seorang pria berinisial AR (22) dengan barang bukti narkotika jenis sabu dengan berat 3.690 gram. Dan dikemas dalam bungkus teh Cina.

“Saat akan dilakukan pengamanan, tersangka mencoba melawan dan hendak menabrak petugas yang akan mengamankannya menggunakan sepeda motor. Disini yang bersangkutan berhasil melarikan diri. Namun kita ketahui keberadaannya dan langsung kita amankan di Tanjung Riau,” terangnya.

Dan di kasus ke ketiga, BNNP Kepri mendapatkan informasi adanya peredaran narkotika di perairan Tanjung Uban pada 30 April 2021 malam.

Berbekal informasi tersebut, petugas mendapati adanya sebuah speeboat yang sesuai ciri-ciri dalam informasi tersebut yang datang dari OPL menuju Batam.

Baca Juga  Ditreskrimsus Polda Kepri: Ketersedian Sembako Aman. Ada Kenaikan Harga, Tapi Masih Wajar

“Melihat hal tersebut, tim langusng mengejar. Dan mendapati speedboat ditumpangi tiga orang. Saat dilakukan penggeledahan ditemukan dua tas yang berisi sabu dengan berat total mencapai 14.326 gram,” terangnya.

Namun, dari ketiga tersangka tadi, petugas hanya bisa mengamnkan satu tersangka. Dimana dua terangka lainnya melarikan diri kearah perairan Malaysia.

“Semua barang bukti dan tersangka saat ini sudah kita amankan guna dilakuakn proses penyidikan lebih lanjut,” jelasnya. (Iman Suryanto)


DomaiNesia