Home ยป Urai Tagihan Air Tinggi, Ini yang Dilakukan PT Moya Indonesia di Rumah Pelanggan

Urai Tagihan Air Tinggi, Ini yang Dilakukan PT Moya Indonesia di Rumah Pelanggan

Kantor Layanan PT Moya Indonesia di Batam
Kantor Layanan PT Moya Indonesia di Batam

IDNNews.id, Batam – PT Moya Indonesia (SPAM) bersama Badan Pengusahaan (BP) Batam sebagai Institusi dan Badan Regulator selama masa transisi 6 bulan, terus bersinergi untuk menyelesaikan keluhan lonjakan tagihan air pelanggan di Batam.

Diantaranya dengan melakukan validasi pada sistem data komputer hingga melakukan pemeriksaan di meter air di rumah pelanggan.

Astriena Veracia, Corporate Communication SPAM Batam dalma keterangan resminya mengatakan bahwa dasar hukum yang menjadi landasan SPAM Batam dalam pembacaan meter air pelanggan secara langsung adalah, sesuai dengan Perka nomor 24 Tahun 2020.

Dimana pada pasal 4.2.4 Kewajiban Pihak Kedua, adalah melakukan pembacaan meter serta mengelola dan mengoperasikan sistem penagihan.

Serta pasal 19, dimana Air Minum yang dipakai oleh pelanggan dihitung setiap bulan sekali, sesuai dengan penunjukan Meter Air untuk pencatatan yang dihitung setiap tanggal 1 sampai dengan 24 dan penagihan setiap tanggal 1 hingga 20 setiap bulannya.

Baca Juga  Pastikan Tetap Bugar, Anggota Ditpam BP Batam Jalani Tes Kesamaptaan Jasmani
Kantor Layanan PT Moya Indonesia di Batam
Kantor Layanan PT Moya Indonesia di Batam

“Atas dasar hukum tersebut di atas, maka data stand pada meter adalah merupakan alat bukti yang dijadikan dasar penagihan ke pelanggan,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga memberikan realisasi penanganan dalam validasi dipermasalahan tagihan air yang tinggi di rumah pelanggan.

Seperti pada pelanggan di Tanjung Sengkuang, dimana tagihan sebelum Desember 2020 rata-rata Rp 58.000. Namun di Desember 2020 tagihan melonjak menjadi Rp 800 ribu.

Setelah dilakukan validasi di rumah pelanggan, hasil pembacaan telah sesuai dengan angka stand meter aktual, sehingga setelah dijelaskan pelanggan memahami kondisi yang sebenarnya.

Hal yang sama juga dilakukan di Pert Valley Park Belian., Dimana pelanggan mengeluhkan lonjakan tagihan air hingga Rp 36 juta. Padahal biasanya rata-rata 3 bulan sebelumnya tagihan hanya Rp 100 ribu.

Baca Juga  Pelaku Pariwisata: Vaksinasi, Cara Jitu Kembalikan Kepercayaan Wisman dan Wisnus

“Atas kondisi ini, kita sudah melakukan validasi. Dan ditemukan adanya kebocoran pipa pada jaringan instalasi dalam yang menyebabkan tagihan melonjak tinggi. Setelah kita berikan penjelasan akhirnya mereka mengerti,” terangnya lagi.

Beberapa validasi tersebut, adalah sebagai ilustrasi dalam penyelesaian keluhan melonjaknya tagihan tinggi. Dan secara bertahap SPAM Batam akan mengoptimalkan penyelesaian keluhan kepelangganan yang ada. (Iman)


DomaiNesia