Home » Usung Konsep Berbeda, Batam International Culture Carnival Kembali Digelar

Usung Konsep Berbeda, Batam International Culture Carnival Kembali Digelar

Batam International Culture Carnival

IDNNews.id, Batam – Jika tidak ada halangan, direncanakan even pariwisata bertajuk Batam International Culture Carnival (BICC) kembali digelar pada Desember 2019 mendatang.

Even ini, nantinya diharapkan bisa menarik minat wisatawan mancanegara (wisman) untuk berkunjung ke Batam.

“BICC sudah masuk dalam kalender pariwisata Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Dan tahun ini, akan digelar dengan konsep yang berbeda,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemerintah Kota (Pemko) Batam, Ardiwinata.

Batam International Culture Carnival
Batam International Culture Carnival

Dengan mengambil lokasi penyelenggaraan di Nongsa pada 7 hingga 8 Desember mendatang, BICC akan menghadirkan konsep penyelenggaraan yang sama dari sebelumnya. Yakni pawai kebudayaan.

“Acara puncaknya akan digelar pada Minggu (8/12) siang hingga selesai. Dengan mengambil permulaan di Nuvasa Bay Nongsa dan selesainya di Nongsa Pura Fery Terminal,” ungkap Ardi.

Konsep acaranya, tambahnya, terbilang sengaja digelar di Nongsa dimana sebelumnya diadakan di Nagoya. Dan akan mengutamakan market wisman serta bernuansa laut.

BICC merupakan even wisata yang digagas oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam bekerjasama dengan Asosiasi Karnaval Indonesia (Akari) Kepri pada tahun 2017. Setahun kemudian, even ini masuk dalam kalender pariwisata nasional.

Batam International Culture Carnival
Batam International Culture Carnival

Setelah masuk kalender pariwisata nasional, penyelenggaraan BICC masih dipegang oleh Akari Kepri. Namun rekan dari pemerintah daerah beralih kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri dan Pemko Batam.

Hingga September 2019, jumlah kunjungan wisman ke Batam sudah mencapai 1,4 juta, dari target kunjungan wisman Kepri mencapai 2,4 juta untuk 2019. (*/Rls)

Baca Juga  Hendra/Ahsan Melaju ke Babak Semifinal Indonesia Masters 2020

DomaiNesia

Berita Terkait