Home » Wakil Wali Kota Batam Sebut Ini Alasannya Daur Ulang Sampah Jadi Energi Terancam Gagal Dilaksanakan

Wakil Wali Kota Batam Sebut Ini Alasannya Daur Ulang Sampah Jadi Energi Terancam Gagal Dilaksanakan

IDNNews.id, Batam – Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad menegaskan Ranperda bea gerbang atas jasa pengelolaan sampah, dari hasil pertemuan rapat tadi sepertinya tidak dapat diteruskan. Senin(13/8).

Penerapan teknologi mengubah sampah menjadi energi, mendapat penolakan dari sebagian besar fraksi pada pandangan umum fraksi terhadap Ranperda bea gerbang atas jasa pengelolaan sampah dalam rapat Paripurna ke-9.

Sebenarnya Ranperda ini sudah cukup lama, pada prinsipnya bea gerbang tersebut sejumlah rupiah yang diambil dari kubikasi sampah yang masuk/angkut ke tempat pembuangan akhir (TPA) di Telaga punggur – Batam.

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad

Dan selanjutnya, dari pengolahan sampah itu yang mana dapat mengasilkan energi, dan segala macamnya, selanjutnya dikonpensasikan atau dikembalikan lagi kepada pemerintahan daerah.

“Namun dengan keterbatasan APBD untuk menyiapkan, dimana kondisi APBD sekarang belum memungkinkan untuk diteruskan pembahasan perda bea gerbang tersebut,” terangnya sesuasi rapat Paripurna tersebut, di Gedung DPRD Kota Batam.

Defisit Anggaran Sebabkan Mengubah Sampah Menjadi Energi Jadi Terhambat

Menurutnya, pihaknya harus berspekulasi dengan mengeluarkan biaya yang sedemikian, untuk sesuatu yang kedepan perlu bertanya-tanya, mana daerah di indonesia yang sudah menjadi refrensi baginya.

“Tapi ini, jika dikelola oleh satu badan usaha yaitu pihak ke 3.
Sampah di daerah ini terjamin, dan sampah yang dipungut lebih produktif serta dapat didaur ulang, bisa dijadikan energi, sebagainya yang mana ada keuntungan disitu,” pungkas Amsakar. (and)

Baca Juga  Berlaku Tahun 2020, Temukan Konten Porno di Medsos Denda Rp 100 juta

DomaiNesia

Berita Terkait