Warga Alor Persembahkan Tarian Cakalele dan Selendang Merah untuk Soerya Respationo - IDNNews
Home ยป Warga Alor Persembahkan Tarian Cakalele dan Selendang Merah untuk Soerya Respationo

Warga Alor Persembahkan Tarian Cakalele dan Selendang Merah untuk Soerya Respationo

IDNNews.id, Batam – Tarian Cakalele ditampilkan warga Alor dari beberapa daerah Kota Batam saat mendatangi kediaman Soerya Respationo untuk memberikan dukungan, Kamis (19/11) malam.

Calon Gubernur Kepri nomor urut 1 ini pun mendapatkan selendang kehormatan berwarna merah dari warga Alor. Kegiatan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk memutus mata rantai covid-19.

Rahman Ismail, Ketua Sanggar Seni Budaya Gunung Besar Nusa Tenggara Timur yang ada di Batam mengatakan, Tarian Cakalele khas asal Alor Nusa Tenggara Timur biasanya dilakukan untuk persiapan peperangan saat mengahadapi musuh.

Namun, saat ini karena tidak ada lagi peperangan maka tarian Cakalele dilakukan untuk menyambut kedatangan tamu kehormatan.

“Karena Romo sangat kita hormati, makanya tarian ini wajib kita lakukan dalam bentuk penyambutan Romo dan juga selendang diberikan sebagai bentuk penghormatan kami,” ujar pria berbadan gempal ini.

Baca Juga  Bank Indonesia Optimis Pemulihan Ekonomi 2021 dapat Terwujud Melalui 1 Prasyarat dan 5 Strategis

Rahman atau pria yang disapa Ajis ini berharap, jika Romo terpilih nanti agar bisa mengayomi dan melestarikan budaya NTT di Kepri khususnya Batam.

Karena selama ini, semua peralatan kebudayaan belum dimiliki Sanggar dan selama ini setiap kegiatan masih meminjam kepada perorangan.

“Kami berharap sangat, jika Romo terpilih nanti bisa memfasilitasi peralatan kesenian kami,” katanya berharap.

Pantauan di kediaman, usai melakukan tarian Cakalele Romo juga sangat antusias dan sangat tertarik dengan kebudayaan Cakalele yang sangat langka ini. Bahkan, Romo juga berfoto bersama para penari sambil memegang busur dan panah juga Pedang.

Usai melakukan foto bersama, semua simpatisan meneriaki Sinergi Menang, menang menang.

Sementara itu, Imannuel Mubaen Tokoh Alor di Batam mengatakan, maksud dan tujuannya datang ke kediaman Romo bukan dikarenakan sebagai apa dan siapa. Tetapi, kedatangannya sebagai sahabat dan juga meminta Romo sebagai pemimpin Kepri masa depan.

Baca Juga  Apresiasi Telkomsel untuk Pelanggan Setia Menyambut Tahun Baru 2021, Telkomsel Hadirkan To the POIN Festival

Muhammad Candra Perwakilan masyarakat Adonara di Batam juga mengaku, akan sangat mendukung Romo untuk duduk menjadi Gubernur Kepri yang akan datang.

Hal senada juga disampaikan Benny Beke yang juga Tokoh Alor yang hadir, ia mengatakan, saat ini sangat dibutuhkan pemimpin yang memiliki terobosan-terobosan yang kongkrit dan juga harus ada gebrakan yang berbeda.

Karena Batam dan Kepri, mempunyai kataristik yang lain dibanding daerah lain. “Dari semua pasangan yang ada saat ini, yang memiliki sikap seperti itu adalah pasangan calon Sinergi. Dan pasangan ini sangat pantas memimpin Kepri kedepan,” ujarnya lantang.

Pada sambutannya Romo mengatakan dalam program kerjanya jika terpilih nanti, akan memprioritaskan masalah sosial dan kemasyarakatan.

Baca Juga  Sekda Jefridin : Tumbuh Di Mana Saja, Bermanfaat Bagi Siapa Saja

Apalagi saat ini, akibat pendemi Covid 19 semuanya terkena imbas dan banyak pelaku ekonomi menutup usahanya dan akibatnya tenaga kerja yang d PHK dan dirumahkan, sektor bawah UKM UMKM juga sangat terdampak. Bahkan untuk membayar cicilan juga tak bisa lagi, akibat itu semua mempengaruhi rumah tangga.

Selain itu, juga berdampak pada pendidikan yang saat ini harus belajar secara virtual / online dari rumah, di pengadilan agama juga banyak antrian perceraian. Sehingga merusak sosial masyarakat dan juga sendi-sendi perekonomian.

“Jika terpilih nanti, masalah-masalah ini akan menjadi program jangka pendek sehingga perekonomian masyarakat kembali pulih,” katanya disertai tepuk tangan.(Tommy Purniawan)


DomaiNesia