Home » Warga Batam Diundang Makan Bersama di Vihara Duta Maitreya

Warga Batam Diundang Makan Bersama di Vihara Duta Maitreya

IDNNews.id, Batam – Perayaan imlek 2570 tahun 2019 di Maha Vihara Duta Maitreya, Sungai Panas, Batam Centre, Batam, diyakini akan berlangsung dalam suasana suka ria.

Tidak hanya bagi umat yang merayakan momen tahun baru imlek, lebih dari itu juga dirasakan oleh masyarakat Batam secara umum.

Untuk menjamin hadirnya kebahagiaan bagi masyarakat, manajemen Maha Vihara Duta Maitreya membuat berbagai kegiatan yang langsung melibatkan masyarakat dalam perayaan imlek pada tahun 2019 ini.
Salah satunya adalah agenda open house dalam bentuk penyediaan makanan gratis untuk semua pengunjung vihara pada hari pertama perayaan imlek.

Nantinya para pengunjung vihara bebas memilih makanan yang disajikan oleh pihak vihara.

Baca Juga  Tekan Inflasi, Pemko Batam Resmikan Pasar TPID 2 Tanjungriau

Pada 2018 lalu, lebih dari 30 ribu piring disiapkan panitia. Untuk tahun 2019 ini jumlah makanan halal diyakini akan bertambah, karena memang setiap tahunnya jumlah makanan yang disediakan terus mengalami peningkatan.

BACA: Sambut Imlek, Ikan Dingkis Mulai Dicari Warga Batam

Open house ini sendiri, lanjut Alfin merupakan kegiatan rutin yang sudah berjalan selama 10 tahun. Tetap bertahannya agenda ini adalah tanda kegiatan open house memiliki signifikansi dalam menghadirkan harmonisasi dalam masyarakat.

“Ini sudah tahun ke-10, kita sudah jalankan sejak lama dan menjadi salah satu agenda utama kita. Bersama-sama masyarakat menjalin hubungan baik,” kata Alfin ketika dihubungi pada Selasa (29/1).

Baca Juga  Temui Pelaku Pariwisata, Menparekraf RI Sandiaga Uno Berikan Motivasi

Alfin juga menjelaskan kalau mereka tidak memiliki undangan khusus, dimana tidak ada orang-orang tertentu yang mendapat pelayanan spesial selama proses perayaan makan bersama ini.

BACA: Jelang Imlek, Hakka Kota Batam Serahkan Bantuan paket Imlek untuk Keluarga Kurang Mampu

Selain itu, vihara juga memiliki agenda lain, diantaranya pelaksanaan sembahyang yang dilakukan hingga malam hari menjelang perayaan imlek. Prosesi sembahyang ini memiliki tujuan untuk mendoakan kemaslahatan bagi semua masyarakat Batam.

Menjaga harmonisasi di tengah keragaman yang ada di masyarakat.

Agenda lainnya, adalah pemberian jeruk bahagia yang akan dilakukan pada perayaan imlek di hari pertama, tepatnya sebelum open house.

Pemberian jeruk bahagia sendiri, memiliki filosofi menghadirkan kebahagiaan di dalam masyarakat. Mereka yang memperoleh jeruk bahagia diharapkan bisa memperoleh dan menularkan kebahagiaan kepada orang lain.(*)


DomaiNesia