Home ยป WNI di Singapura Positif Terinfeksi Virus Corona

WNI di Singapura Positif Terinfeksi Virus Corona

IDNNews.id, Singapura – Pemerintah Singapura mengonfirmasi adanya satu orang warga negara Indonesia (WNI) yang terinfeksi virus Corona, Selasa (4/2/2020).

Berdasarkan rilis dari Kementerian Kesehatan Singapura WNI tersebut merupakan kasus ke-21, di negara Singa itu.

Ia berusia 44 tahun dan tak pernah melakukan perjalanan ke China. WNI tersebut disebut seorang wanita yang bekerja sebagai pekerja migran dan tinggal di Jalan Bukit Merah.

Ia terinfeksi corona setelah melakukan kontak langsung dengan penderita corona lain, yang merupakan kasus ke-19 di Singapura. Kini ia diisolasi di Singapore Global Hospital (SGH).

Pemerintah pun telah mengonfirmasi hal tersebut. Melalui pernyataan tertulis Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah, pemerintah juga mengeluarkan imbauan khusus.

“WNI yang berada di Singapura diharapkan waspada, menjaga kesehatan dan memperhatikan imbauan yang dikeluarkan Pemerintah Singapura,” katanya seperti dalam rilis yang diterima.

Sementara itu, total kasus di Singapura pun kini melonjak menjadi 24 kasus. Rata-rata melibatkan warga negara China, yang melancong karena libur Imlek ke negara itu.

Sudah Tembus 26 Negara

Sementara itu, per Rabu (5/2/2020), angka negara yang mengonfirmasi penyebaran virus corona sudah mencapai 26 negara. Belgia adalah negara terbaru yang melaporkan adanya warga yang terinfeksi virus.

Meski tak dijelaskan detil, negara itu mengatakan pasien tersebut kembali dari Wuhan bersama delapan orang lainnya. Ia dinyatakan terpapar corona setelah serangkaian tes yang dilakukan kementerian kesehatan setempat.

Lalu bagaimana penyebaran corona secara global? Berikut rangkuman CNBC Indonesia dari sejumlah sumber per Rabu pukul 06.00 WIB:

China: 20 ribuan kasus (490 meninggal)
Hong Kong: 17 (1 meninggal)
Makau: 9

Asia dan Pasifik:
Thailand: 25
Singapura: 24
Jepang: 23
Korea Selatan: 16
Australia: 13
Malaysia: 10
Taiwan: 10
Vietnam: 10
Uni Emirat Arab: 5
India: 3
Filipina 2 (1 meninggal)
Nepal: 1
Sri Lanka: 1
Kamboja: 1

Amerika:
AS: 11
Kanada: 4

Eropa:
Belgia: 1
Jerman: 12
Prancis: 6
Inggris: 2
Itali: 2
Rusia: 2
Finlandia: 1
Spanyol: 1
Swedia: 1. (*/cnbc)


DomaiNesia

Berita Terkait