Home » XL Axiata Percepat Proses Deteksi terhadap Gangguan Jaringan

XL Axiata Percepat Proses Deteksi terhadap Gangguan Jaringan

IDNNews.id – Sebagai bentuk meningkatkan kenyamanan pelanggan di tengah kompleksitas pengelolaan operasional dan jaringan yang terus meningkat, PT XL Axiata Tbk mengimplementasikan platform Zero Touch Operation (ZTO) termasuk otomatisasi pengelolaan jaringan (Automation NOC- Network Operation Center).

Melalui platform ini, XL Axiata dipastikan bisa mempercepat proses deteksi terhadap gangguan jaringan dan dampaknya terhadap pelanggan.

Dengan kemampuan mengetahui gangguan lebih awal, maka dampak gangguan, termasuk jumlah pelanggan yang terdampak, bisa diminimalisir.

“Penerapan platform Zero Touch Operation ini, merupakan bagian dari transformasi digital yang terus kami lakukan. Di mana sejak tahun 2019, kami telah melakukan modernisasi pada setiap perangkat penunjang operasi. Agar mampu menyediakan berbagai layanan yang maksimal sesuai dengan ekspektasi pelanggan, kami juga berupaya untuk meminimalisir dampak gangguan pada sisi jaringan,” jelas Direktur & Chief Information-Digitalization Officer XL Axiata Yessie D Yosetya disela-sela Digital Media Update Optimalisasi Operasional melalui virtual Kamis (21/1/2021).

Baca Juga  Praktisi Padati ZoomBA, Modernisasi Pelayanan Pelanggan di Era Digital

Dengan menerapkan platform ini, tambahnya, akan banyak aktivitas operasional termasuk pengelolaan jaringan yang bisa diproses secara otomatis dengan pemanfaatan IT yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggan.

Saat ini, implementasi platform Zero Touch Operation oleh XL Axiata telah berhasil memberikan manfaat berupa ketersediaan jaringan meningkat sekitar 4,2%, volume download naik hingga 45%, waktu respon terhadap persoalan jaringan 90% lebih cepat, waktu untuk restorasi 35% lebih cepat, serta peningkatan kualitas 4G hingga 18%.

Yessie menjelaskan, platform Zero Touch Operation bekerja dengan menggunakan Machine Learning Algorithm untuk mengolah data yang ada pada sistem, guna menghasilkan informasi dan rekomendasi mengenai langkah-langkah yang perlu dilakukan, termasuk automatic resolution, berdasarkan aturan yang sudah ditentukan sebelumnya.

Baca Juga  Telkomsel dan Mitratel Rampungkan Pengalihan Kepemilikan 6.050 Menara Telekomunikasi

Bekerja sama dengan PT Huawei Tech Investment sebagai penyedia teknologi, sistem enablement dari Zero Touch Operation ini sudah diterapkan XL Axiata sejak awal tahun 2020 dengan menghasilkan beberapa use case dari otomatisasi operation.

“Proyek ini ditargetkan bisa selesai di tahun 2023 mendatang,” katanya.(iman)


DomaiNesia